Blog

Ide Usaha Sampingan Modal 100 ribu

Tips Bisnis
usaha sampingan modal 100 ribu
Ketika kebutuhan harian semakin meningkat dan pemasukan terasa pas-pasan, Anda mungkin berpikir untuk memiliki usaha sampingan. Sayangnya untuk membuka usaha kita perlu menyiapkan banyak modal, mungkin mulai dari pembelian bahan-bahan, tempat berjualan, atau yang lainnya. Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa usaha sampingan yang bisa dimulai dari modal 100 ribu. Apa sajakah itu? Simak di artikel berikut ini.

Rekomendasi Ide Usaha Sampingan Modal 100 Ribu

Jika Anda melihat ke sekitar dengan lebih jeli, sebenarnya ada banyak peluang usaha sampingan dengan modal 100 ribu yang dapat Anda jalani. Berikut di antaranya:

1. Jualan Kue Basah

Ide pertama usaha sampingan modal 100 ribu adalah berjualan kue basah! Dilansir Sirclo, bisnis kue basah termasuk memiliki banyak keuntungan, mulai dari modalnya yang kecil, banyak konsumen potensial, serta memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan besar.

Kue wajik, onde-onde, puding, bolu dan sejenisnya biasa dijual mulai dari 1.000 rupiah di pasaran. Jika Anda tidak memiliki keterampilan memasak, Anda dapat coba untuk membelinya di pasar dan menjualnya kembali dengan selisih harga Rp. 500.

Bayangkan jika harga 1 kue kulakan adalah 1.500 rupiah, maka dengan modal 100 ribu Anda akan mendapatkan sekitar 66 pcs kue basah. Lalu Anda bisa menjualnya seharga Rp. 2.000 yang artinya Anda mengambil keuntungan Rp. 500 per kue. Kemudian jika semua ludes terjual maka dengan modal 100 ribu Anda dapat menghasilkan keuntungan sebesar 33 ribu rupiah per harinya. Untung 33 ribu jika ditekuni selama satu bulan, dapat menghasilkan Rp. 1.023.000.

2. Jualan Nasi Bungkus

Ide kedua usaha sampingan modal 100 ribu adalah berjualan nasi bungkus! Ide ini dapat Anda manfaatkan dengan menjualnya di tempat-tempat biasa orang mencari sarapan, misal di alun-alun, dekat stadion olahraga, dan lainnya. Atau Anda juga dapat menjualnya di depan rumah, sehingga tetangga yang tidak sempat memasak dapat membeli dagangan Anda.

Penjualan dapat dimulai pada jam-jam sarapan, makan siang, atau makan malam. Untuk nasi bungkusnya sendiri, Anda dapat memasaknya sendiri, atau kulakan dari orang agar tidak menyulitkan bila Anda tidak bisa masak. Tempat lain yang juga dapat menjadi tempat peluang usaha ini adalah kantin sekolah, warung dekat kantor, atau pinggir jalan raya besar.

3. Jualan Jajanan Ringan

Selanjutnya, usaha sampingan satu ini tidak kalah terjangkaunya. Hanya dengan modal 100 ribu, Anda sudah bisa memulai berjualan. Jualan apakah itu? Ya kripik atau jajan ringan. Berjualan kerupuk, stick balado, kuping gajah, keripik singkong, keripik kentang dan kawan-kawan juga bisa menjadi ide usaha sampingan dengan modal terjangkau lainnya.

Anda dapat membelinya dari produsen kiloan, dan mengemas ulang menjadi bentuk kemasan kecil-kecil. Kemudian Anda jual pada teman-teman, titip di warung, atau bisa juga menjualnya secara online.

4. Jualan Minuman Dingin

Jualan minuman dingin bisa jadi ide selanjutnya untuk usaha sampingan modal 100 ribu yang ingin Anda jalani. Minuman dingin yang dimaksud di sini adalah minuman yang berasal dari kemasan sachet instan. Satu renceng biasanya berisi 10 sachet dengan harga 10.000 an, artinya dalam keadaan belum ditambah air dan es batu plus jasa bikinnya, harga per sachet kurang lebih 1.000 hingga 1.500 rupiah.

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan soal es batu, gelas plastik, dan air untuk menyeduh minuman sachet instan tersebut. Sebagai tips untuk usaha sampingan satu ini adalah jangan mengambil keuntungan terlalu banyak, tetap utamakan kebersihan dan kualitas minuman. Menambah topping seperti meses dan susu kental manis dapat menarik pelanggan, apalagi jika topping tersebut Anda berikan secara gratis. Tentu ini akan membawa nilai plus pada produk Anda.

5. Jasa Cuci Baju dan Setrika

Mencuci baju dan menyetrika bagi beberapa orang adalah hal yang menyulitkan. Ada beberapa hal yang membuat mereka enggan melakukannya seperti, terlalu melelahkan, tidak punya waktu, atau kendala lainnya. Oleh karena itu, Anda dapat menjadikan hal ini sebagai peluang usaha modal 100 ribu Anda selanjutnya.

Ide ini bisa dibilang sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan waktu di rumah. Sedikit tips untuk usaha sampingan satu ini adalah tetap menjaga kepercayaan pelanggan, pastikan bahwa Anda memiliki kesan khusus dalam hal kebersihan dan kerapian.

Baca juga: 10 Faktor Keberhasilan Usaha Agar Untung!


6. Jualan Aksesoris

Jualan aksesoris hanya dengan modal 100 ribu, emang bisa? Jangan salah! Bisnis satu ini justru sangat terjangkau dan cocok untuk orang-orang yang ingin memiliki usaha sampingan dengan harga terjangkau.

Aksesoris kecil-kecil seperti ikat rambut, gelang, bros, hingga jepitan jemuran juga ramah terhadap para pelaku usaha sampingan bermodal kecil. Kita ambil contoh kuncir rambut yang dijual 20.000 an per 20 pcs, yang artinya modal 100 ribu tadi bisa dapat hingga ratusan kuncir.

7. Jualan Mainan Anak

Ide selanjutnya untuk usaha sampingan modal 100 ribu Anda adalah jualan mainan anak. Bagaimana caranya? Anda dapat menjualnya di toko depan rumah Anda atau menjualnya melalui social media seperti shopee, instagram, whatsapp, dan aplikasi lainnya yang dapat menunjang penjualan Anda.

Jenis mainan seperti ular tangga, tentara mini, mobil-mobilan plastik, dan lainnya biasanya dijual mulai dari dari Rp. 2.500-an. Anda dapat membelinya di toko khusus yang kulakan mainan anak. Dengan begini, Anda dapat memulai usaha sampingan segera dengan modal 100 ribu.


8. Reseller Frozen Food

Berjualan frozen food dapat menjadi ide usaha sampingan selanjutnya hanya dengan modal 100 ribu. Di era sekarang jenis makanan seperti ini banyak dicari. Frozen food biasanya digemari oleh mereka yang ingin memasak makanan instan tanpa ribet.

Jika Anda tidak bisa memasaknya sendiri, Anda dapat memilih untuk menjadi reseller produknya saja. Sedikit tips untuk usaha sampingan ini adalah temukan seller atau produsen yang bersedia untuk meminjamkan produknya sehingga Anda tidak perlu membeli barang tersebut terlebih dahulu. Hal hal ini juga dapat menghemat modal 100 ribu Anda.

9. Reseller Produk Pakaian

Ide kesembilan usaha sampingan modal 100 ribu adalah menjadi reseller produk pakaian. Usaha ini kurang lebih hampir sama konsepnya dengan menjadi reseller makanan beku atau frozen food.

Anda bisa mulai dengan mencari tempat kulakan yang bersedia untuk meminjamkan barang terlebih dahulu, jadi Anda tidak perlu untuk mengeluarkan modal banyak di awal.

10. Jualan Pulsa

Terakhir, usaha sampingan satu ini selalu menjadi opsi pertama ketika seseorang ingin memulai usaha sampingan yang dimulai dari modal 100 ribu. Seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan masyarakat saat ini banyak menggunakan pulsa dan internet, untuk terhubung antara satu sama lain. Rasanya jika tidak ada internet sebentar saja, kita akan merasa dunia ini seperti sepi sekali karena kita terputus dari berbagai informasi di dunia ini.

Maka dari itu usaha sampingan menjadi agen pulsa sangatlah berpeluang besar! Sebagai tips Anda dapat berjualan melalui aplikasi khusus untuk menjadi agen pulsa. Aplikasi ini umumnya disebut sebagai PPOB.

Apa itu aplikasi PPOB? Aplikasi PPOB adalah suatu aplikasi yang menyediakan layanan pembayaran digital dan pembelian produk digital secara online. Salah satu aplikasi tersebut bernama Klikoo!


Anda dapat memanfaatkan Klikoo sebagai partner usaha sampingan hanya dengan modal 100 ribu. Klikoo memiliki harga khusus untuk setiap agen yang bergabung, hal ini tentu menjadi nilai tambah yang sangat banyak karena berkaitan dengan margin keuntungan. Jadi tunggu apalagi? Jika Anda sudah mantap untuk memulai usaha sampingan satu ini maka langsung saja download Klikoo dengan klik di sini!