Blog

Cara Jualan Token Listrik Dengan Mudah

PPOB
Cara jualan token listrik menjadi hal yang penting diketahui jika kamu ingin memulai buka usaha di bidang tersebut. Bisnis token listrik masih menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Sebab, listrik adalah kebutuhan utama, apalagi di kota- kota besar yang sangat padat penduduk.

Jika dulu transaksi listrik hanya melibatkan PLN dan masyarakat, kini masyarakat pun bisa berpartisipasi dalam bisnis listrik dengan cara berdagang token atau pulsa listrik. Pulsa prabayar adalah kebijakan pemerintah yang relatif baru, tapi sudah menjangkau berbagai kalangan. Dulu, bila ingin membayar tagihan listrik, kita harus membawa uang tunai dan mengantri di kantor PLN.

Akhirnya, PLN menyediakan fitur baru untuk memudahkan masyarakat membayar tagihan melalui rekening bank atau menggunakan jasa pihak ketiga seperti toko-toko ritel bertanda khusus. Kini di era digital, listrik pun berubah dari pascabayar menjadi prabayar. Artinya, jika dulu tagihan listrik dibayar di akhir, kini masyarakat bisa membeli listrik langsung di awal dalam bentuk token (kode digit) yang diisikan secara manual di meteran prabayar.

Kamu bisa mulai jualan token listrik sebagai usaha sampingan untuk menambah sumber pendapatan. Baik pelajar hingga orang dewasa yang sudah bekerja, bisa menjadikan bisnis token listrik sebagai pilihan usaha. Jika kamu tertarik, yuk simak cara jualan token listrik di bawah ini!

Berapa Modal untuk Jualan Token Listrik?

Sama seperti bisnis lainnya, jualan token listrik pun membutuhkan modal. Bagi yang belum pernah berjualan token listrik, pasti menduga bahwa untuk memulai usaha ini harus memiliki modal jutaan. Padahal, tidak seperti yang dipikirkan, bahwa memulai jualan token listrik cukup dengan modal sedikit.

Usaha token listrik ini pun juga tidak memiliki risiko karena bisa digunakan untuk mengisi pulsa listrik rumah sendiri. Menariknya, ternyata cara jualan token listrik ini memerlukan modal yang bervariatif. Kamu hanya perlu menyesuaikan jumlah saldo yang ingin diisikan agar bisa melakukan transaksi pengisian token listrik.

Pengisian saldo ini memiliki besaran minimal yang berbeda-beda tergantung agen yang kamu jadikan mitra kerja sama. Biasanya, minimal nominal pengisian saldo adalah Rp50.000. Namun, mengingat orang-orang biasanya membeli token listrik dengan nominal yang besar, kamu bisa mengisi saldo dengan nominal lebih besar. Misalnya sebesar 300 ribu atau 500 ribu.

Dengan memiliki saldo sebanyak itu, kamu bisa melayani lebih dari satu transaksi tanpa harus mengisi ulang lagi saldo milikmu. Semakin banyak transaksi yang dilayani, tentunya akan semakin besar juga keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Selain itu, kamu juga memerlukan modal untuk pendaftaran awal menjadi reseller. Meskipun begitu, kamu tidak perlu terlalu menghiraukan biaya yang satu ini. Karena saat ini sudah banyak agen token listrik yang membuka pendaftaran reseller secara gratis tanpa ada pungutan biaya sedikitpun.


Apakah Bisnis Jual Token Listrik Menguntungkan?

Setelah mengetahui modal yang dibutuhkan, kamu juga perlu mengetahui perkiraan keuntungan yang akan didapatkan nantinya. Cara jualan token listrik ini bisa memberikan keuntungan yang cukup banyak. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari setiap transaksi yang dilakukan. Dalam setiap transaksi, maka akan ada selisih harga antara harga dari agen dengan harga jual yang ditetapkan. Nah, selisih harga inilah yang akan menjadi keuntungan mu.

Misalnya agen memberikan harga sebesar 101 ribu untuk transaksi token listrik sebesar 100 ribu. Kemudian kamu bisa menjualnya dengan harga sekitar 103 ribu kepada pembeli. Dari satu transaksi ini, kamu akan mendapatkan keuntungan sebesar 2 ribu rupiah. Bayangkan saja dalam satu hari ada sekitar 10 transaksi. Maka, dalam satu bulan, kamu bisa melayani kurang lebih sekitar 300 transaksi. Apabila satu transaksi mampu memberikan keuntungan sebesar 2 ribu, maka 300 transaksi akan memberikan keuntungan sekitar 600 ribu.

Keuntungan ini sudah merupakan keuntungan bersih. Kamu bisa menikmati uang sebesar 600 ribu setiap bulannya hanya dengan melakukan cara bisnis token listrik ini. Apabila bisnis kamu ini semakin ramai, bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan keuntungan bersih dengan jumlah 1 juta lebih setiap bulannya.

Hitungan di atas bisa bertambah besar keuntungannya jika dalam sehari rata-rata penjualan semakin meningkat. Apalagi jualan kamu berada pada perumahan yang semuanya menggunakan listrik sistem prabayar.

Cara Jualan Token Listrik dengan Klikoo

Setelah mengetahui cara jualan token listrik yang sangat mudah, sekarang kamu siap untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Nah, jika tertarik, kamu bisa mendaftarkan diri di Klikoo.

Yuk, download Klikoo sekarang dan langsung jadi agen PPOB Token Listrik!

Klikoo merupakan aplikasi bisnis pembayaran digital. Kamu bisa menjual produk token listrik, pulsa dan paket data, e-wallet (OVO, GoPay, DANA, ShopeePay), dan tagihan air. Berikut ini panduan cara jualan token listrik menggunakan Klikoo.

1. Unduh Aplikasi Klikoo

Langkah pertama, unduh aplikasi Klikoo terlebih dahulu. Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play Store yang bisa didapatkan oleh pengguna smartphone berbasis Android atau klik di sini.

2. Lakukan Pendaftaran

Setelah itu, lakukan pendaftaran akun. Pendaftaran akun bisa dilakukan dengan mencantumkan nama, nomor telepon, email, serta password yang akan digunakan untuk akun tersebut

3. Proses Verifikasi

Selesai mendaftar, akun tidak akan bisa langsung digunakan. Diperlukan proses verifikasi akun terlebih dahulu. Segera lakukan verifikasi akun Klikoo jika ingin bisa memulai bisnis dan mendapat keuntungan usaha pembayaran token listrik dengan lebih cepat.

Pada homepage, pilih menu ‘Verifikasi’. Kemudian isi dengan lengkap data berupa nomor KTP, alamat, dan tanggal lahir. Data yang dicantumkan haruslah benar dan lengkap, tidak boleh ada kesalahan supaya proses verifikasi berlangsung dengan lancar.

Lalu, kamu akan diminta untuk melakukan selfie sambil memegang KTP. Jika selfie sudah selesai, pilih opsi ‘Simpan’ dan tunggu proses verifikasi selesai. Proses verifikasi ini akan memakan waktu sekitar 1 x 24 jam.

4. Lakukan Transaksi

Jika akun sudah terverifikasi, kamu bisa langsung memulai bisnis dan merasakan keuntungan usaha token listrik. Lakukan pembayaran token listrik melalui aplikasi Klikoo dengan memasukkan ID pelanggan. Sebelumnya, pastikan saldo Klikoo sudah terisi.
Kamu bisa mengisi saldo melalui berbagai jenis pilihan bank yang tersedia. Saldo akan digunakan sebagai dana untuk membayar tagihan. Begitu tagihan sudah terbayarkan, saldo akan otomatis terpotong.

Agar bisa mendapatkan keuntungan usaha pembayaran token listrik secara maksimal, sebaiknya jangkaulah pelanggan sebanyak mungkin. Sebagai penyedia jasa pembayaran token listrik, kamu akan mengandalkan keuntungan yang didapat dari komisi. Komisi itu didapat setiap kali ada pelanggan yang menggunakan jasa kamu untuk melakukan pembayaran token listrik. Karena itu, semakin banyak pelanggan yang menggunakan jasa kamu, akan semakin besar juga keuntungannya.