Blog

10 Ide Usaha Sampingan di Rumah

Tips Bisnis
ide usaha sampingan di rumah
Ada berbagai jenis usaha sampingan di rumah yang dapat kamu coba. Selain menambah kegiatan positif, melakukan ide usaha sampingan juga tentunya dapat mendatangkan pendapatan tambahan. Saat ini, rasanya tak sulit menemukan ide usaha sampingan yang tepat bagi kamu. Sebab, zaman yang semakin berkembang memungkinkan kamu dapat dengan mudah mengakses berbagai hal untuk meningkatkan pendapatan.

Bahkan bila kamu melakukannya dengan serius, berbagai jenis usaha sampingan ini malah suatu hari akan berkembang menjadi karier utamamu. Kamu bahkan bisa menciptakan bisnismu sendiri, lho.

Lantas, apa saja jenis usaha sampingan di rumah yang bisa dicoba? Simak deretannya di bawah ini.

Rekomendasi Usaha Sampingan di Rumah

Saat ini banyak sekali ide usaha sampingan di rumah yang dapat kamu lakukan. Tak perlu modal besar, deretan ide usaha sampingan di bawah ini dijamin bisa menghasilkan cuan lumayan asalkan digeluti secara serius.

Saat ini banyak sekali ide usaha yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga. Tak perlu modal besar, deretan ide bisnis sampingan di bawah ini dijamin bisa menghasilkan cuan lumayan asalkan digeluti secara serius. Berikut beberapa ide usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa kamu coba:

1. Guru Les Privat

Ide usaha sampingan di rumah yang pertama adalah menjadi guru les privat. Ada banyak siswa yang membutuhkan pelajaran tambahan di luar jam belajar sekolah. Terutama siswa yang sedang menghadapi ujian akhir atau mempersiapkan diri masuk ke perguruan tinggi.

Siswa dari segala usia membutuhkan pelajaran tambahan untuk sejumlah mata pelajaran yang dianggap sulit, seperti matematika, fisika, kimia, bahasa asing, dan sebagainya.Jika punya keahlian dalam bidang tertentu, kamu dapat membantu mereka untuk sukses dalam pelajarannya. Keuntungan bagi kamu sendiri, bisa mendapat penghasilan tambahan.

2. Menjadi Affiliate Online Shop

Seiring berkembangnya penjualan online lewat platform marketplace, belakangan ini muncul ide usaha sampingan baru yang sangat menjanjikan. Bisnis tersebut dikenal sebagai affiliate. Affiliate sendiri adalah penjualan berbasis berbagi komisi.

Prinsip kerja affiliate adalah membayar seseorang yang berhasil menjual barang atau jasa dari sebuah brand. Menariknya, orang yang menjadi affiliate tidak harus mengeluarkan modal. Dia cukup menawarkan sebuah produk agar dibeli oleh konsumen. Jasa seperti ini sangat cocok dijadikan ide usaha sampingan di rumah.

3. Penulis Lepas dan Translator

Bidang copywriting adalah salah satu opsi yang paling layak untuk ide usaha sampingan di rumah dengan modal kecil. Sebagai copywriter lepas, seorang mahasiswa dapat menulis buletin, salinan iklan, email, e-book, artikel, dan jenis konten lain yang dipoles yang menarik perhatian pembaca. Selain itu, beberapa bidang penulisan seperti content writer dan translator bisa mendatangkan penghasilan lumayan. Modal utamanya adalah keterampilan menulis serta kemampuan bahasa yang baik. Dengan kata lain, model usaha ini tidak harus mengeluarkan biaya besar untuk memulainya.

4. Youtuber

Jika suka membuat video dan mengunggah konten di internet, kamu bisa mencoba usaha sampingan di rumah ini. Konten Youtube yang unik dan kreatif dapat menarik penonton untuk menambah jumlah tayangan. kamu bisa memulai ide usaha sampingan menjadi seorang Youtuber. Penghasilan kreator Youtuber sendiri bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Sebelum memulai mengunggah video, cobalah untuk membuat ide untuk konten sesuai hobi atau bidang yang disukai. Setelah itu, kamu bisa mengunggah konten video yang menarik di Youtube.

5. Membuat Podcast

Usaha sampingan di rumah selanjutnya adalah membuat podcast. Berbeda dengan Youtuber, podcast tidak perlu mengedit video dan memperlihatkan wajah di depan layar. Kamu bisa membuat perencanaan untuk topik membuat podcast dan alat untuk merekam. Sekarang ini ada aplikasi mengedit dan mengunggah podcast gratis seperti Anchor dan Soundcloud.

Salah satu keterampilan yang dibutuhkan untuk podcast adalah public speaking atau berbicara di depan umum. Kamu bisa melatih kepercayaan diri untuk merekam suara dan memiliki wawasan untuk ide podcast yang diunggah. Cobalah untuk membuat konten podcast dengan tema tertentu.

6. Streamer Game Online

Kamu gemar bermain game online saat akhir pekan? Jangan salah, hobi yang kamu gemari ini bisa menjadi usaha sampingan di rumah yang menguntungkan, lho. Saat ini sudah banyak streamer game online yang mampu menghasilkan pundi-pundi uang dengan bermain game saja.

Biasanya, para gamers melakukan live streaming di sejumlah platform seperti YouTube hingga Twitch. Dari sini, para penonton live streaming biasanya memberi sejumlah donasi, gift, dan sebagainya. Nantinya donasi tersebut bisa dicairkan menjadi uang.

7. Jualan Online

Kemajuan teknologi membuat ide usaha beralih dari offline ke online. Kamu bisa memasarkan barang dan menjual melalui toko online. Kamu bisa menjual berbagai barang secara online misal pakaian, makanan, dan perlengkapan kebutuhan sehari-hari. Lalu, mengunggah barang-barang yang dijual serta menentukan harga sesuai pasaran toko online.


Baca juga: Cara Jualan Token Listrik Dengan Mudah! Pasti Untung!


8. Jasa Editing Video dan Desain Grafis

Bagi kamu yang memiliki keterampilan editing video dan desain grafis, tidak ada salahnya untuk menawarkan jasa di bidang ini. Sebab, saat ini banyak sekali situs freelance yang menyediakan penawaran bagi pekerjaan tersebut. Apabila konsumen puas, biasanya mereka akan membayar jasa tersebut dengan harga yang lumayan. Khususnya klien dari luar negeri. Dengan bermodalkan skill, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari ide usaha sampingan di rumah ini.

9. Membuat Kerajinan Tangan

Masih terkait dengan hobi. Jika kamu bisa membuat sesuatu yang kreatif dengan tanganmu di waktu luang, mengapa tidak menjualnya saja? Ada banyak jenis kerajinan tangan yang bisa dijadikan usaha sampingan di rumah. Misalnya, membuat lilin aromaterapi, sabun, kartu ucapan, pigura, rajutan, dan banyak lainnya.

10. Menjadi Agen PPOB

Usaha sampingan di rumah selanjutnya menjadi agen PPOB. Melansir Bankboyolali, Payment Point Online Banking (PPOB) adalah bisnis mirip bank yang bisa digunakan untuk membayar berbagai jenis tagihan. Umumnya, tagihan yang bisa dibayar dengan jasa PPOB, yaitu BPJS, pulsa, PDAM, listrik, dan lain sebagainya.

Usaha sampingan di rumah dilakukan siapa saja dan dimana saja asalkan kamu memiliki modal dan tahu cara menggunakannya. Kamu bisa memulai bisnis PPOB sekarang juga dengan menggunakan aplikasi Klikoo. Klikoo merupakan aplikasi bisnis pembayaran digital. Kamu bisa menjual produk token listrik, pulsa dan paket data, e-wallet (OVO, GoPay, DANA, ShopeePay), dan tagihan air.



Kelebihan Usaha PPOB dengan Klikoo

Saat kamu menjadi agen PPOB di Klikoo, ada beberapa kelebihan yang bisa didapat, yaitu:

1. Cukup Modal HP

Kamu tidak perlu membeli gadget baru atau komputer canggih untuk menjadi agen pembayaran PPOB di Klikoo. Kamu cukup menggunakan gadget dengan kapasitas RAM 2G, koneksi internet, dan printer untuk mencetak bukti transaksi. Tidak perlu tempat khusus seperti toko offline jika memang belum ada. Transaksi bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

2. Jam Kerja Fleksibel

Hal lain yang menjadi keuntungan menjadi agen PPOB di Klikoo adalah jam kerja yang fleksibel, sehingga cocok sebagai usaha sampingan di rumah. Komisi yang didapat bisa menjadi pemasukan tambahan di samping bisnis utama yang sudah dijalankan sehari-hari.

3. Banyak Program Cashback dan Promo

Modal untuk menjalankan bisnis PPOB sangat kecil, bahkan ketika kamu mendaftar bisnis PPOB Klikoo kamu akan mendapatkan bonus atau promo untuk memulai bisnis PPOB Klikoo.

4. Komisi dan Bonus yang Menguntungkan

Dengan menjadi agen PPOB di Klikoo, kamu akan mendapatkan pendapatan secara bebas dari transaksi pelanggan kamu. Semakin banyak pelanggan yang kamu miliki, semakin tinggi keuntungan yang akan kamu dapatkan tiap bulan. Kunci dari berbisnis PPOB Klikoo adalah niat dan tekad yang kuat untuk menjalankan bisnis PPOB ini.

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar aplikasi serta bagaimana meningkatkan penghasilan dengan aplikasi Klikoo, tidak perlu ragu untuk bertanya pada Customer Service (CS). Bisa melalui Whatsapp atau email. Yuk, tunggu apalagi? Segera download Klikoo dengan klik di sini dan raih pendapatan sampingan di rumahmu!.