Blog

Maxim Cargo - Cara Pesan dan Biaya Layanan 2022

Sejak hadir di Indonesia di tahun 2018, Maxim dikenal sebagai penyedia layanan ojek online asal Rusia. Namun, selain menyediakan jasa ojek online, Maxim juga sudah mengembangkan bisnisnya dengan memberikan layanan Maxim Cargo.

Maxim Cargo merupakan layanan pengantaran atau jasa delivery yang bisa dimanfaatkan untuk mengantar barang. Layanan kargo yang disediakan meliputi layanan pick up dan juga truk yang bisa dimanfaatkan tanpa ada jarak pengantaran minimal. Jasa kargo dari Maxim ini bisa dimanfaatkan untuk mengantar barang dalam jumlah besar, seperti saat akan pindah kantor atau mengangkut barang retail untuk keperluan usaha.

Biaya layanan Maxim Cargo terbaru 2022

Layanan Maxim Cargo bisa digunakan dengan melakukan order melalui aplikasi Maxim. Aplikasi ini sudah bisa didapatkan secara gratis melalui Google Play Store, App Store, serta Huawei App Gallery. Karena sudah tersedia di berbagai smartphone, maka aplikasi ini memiliki peluang untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas.

Biaya layanan Maxim berbeda-beda, tergantung jarak atau lokasi pengantaran dan penjemputan barang. Misalnya, tarif pengantaran dalam kota akan lebih rendah apabila dibandingkan dengan tarif antarkota. Untuk tarif dalam kota, berikut ini detail tarif atau biaya layanan Maxim Cargo terbaru 2022.
  • Biaya terendah mulai dari: Rp60.000 (termasuk jarak 5 km)
  • Biaya minimal setiap 1 km selanjutnya setelah 5 km: Rp10.000 per km
Sementara, untuk tarif pengantaran antarkota, detailnya adalah sebagai berikut: 
  • Biaya terendah mulai dari: Rp80.000 (termasuk jarak 6 km)
  • Biaya setiap 1 km selanjutnya setelah 6 km (perjalanan satu arah): Rp10.000 per km
  • Biaya setiap 1 km selanjutnya setelah 12 km (perjalanan pulang pergi): Rp5.000 per km
Di luar tarif yang sudah disebutkan di atas, Anda mungkin juga akan dikenakan biaya lainnya, seperti: 
  • Biaya peninggian awal: Rp2.000
  • Biaya bongkar muat: Rp50.000
  • Waktu menunggu 60 menit pertama: Gratis
  • Biaya menunggu setelah 60 menit: Rp500 per menit

Cara pesan layanan Maxim Cargo

Untuk bisa memesan layanan Maxim Cargo, tentunya Anda perlu memiliki aplikasi dan mendaftar akun di aplikasi Maxim terlebih dahulu. Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut.

1. Login ke aplikasi

Masuk atau login ke akun Maxim yang dimiliki di aplikasi Maxim. Masukkan email serta kata sandi atau password yang didaftarkan di awal.

2. Masuk ke menu Penjemputan

Pada halaman utama aplikasi setelah login, Anda akan melihat ada menu ‘Penjemputan’. Pilih menu tersebut dan Anda akan diarahkan ke halaman baru berisi kolom untuk memasukkan alamat penjemputan. Tuliskan alamat dengan lengkap dan benar lalu pilih titik pada peta yang sesuai dengan lokasi penjemputan.

3. Isi alamat Tujuan

Jika sudah memilih titik lokasi penjemputan, waktunya mengisi alamat tujuan. Pada kolom Tujuan, ketik alamat tujuan dengan lengkap dan benar. Lalu pilih titik sesuai dengan lokasi tujuan pada peta. Bila sudah selesai, klik tombol centang.

4. Pilih layanan Maxim Cargo

Setelah alamat penjemputan dan alamat tujuan terisi, pada bagian bawah Anda akan melihat adanya opsi pemilihan layanan. Jika akan menggunakan jasa delivery atau kargo, maka pilih opsi Maxim Cargo. 

5. Pilih penambahan layanan bongkar muat jika perlu

Apabila Anda ingin menambah layanan bongkar muat, maka pada langkah selanjutnya pilihlah opsi bongkar muat yang bisa ditemukan pada menu Preferensi.

6. Atur pembayaran dan tip

Langkah selanjutnya adalah langkah terakhir sebelum memesan layanan Maxim Cargo. Di halaman akhir, Anda akan diminta untuk memilih metode pembayaran layanan serta pembayaran tip untuk kurir. Bisa juga mengatur biaya peninggian awal jika ingin mendapat kurir lebih cepat.

7. Lakukan pemesanan

Jika semua pengaturan sudah sesuai, pada halaman aplikasi Anda akan melihat nominal biaya layanan total. Biaya ini sudah dijumlahkan dari biaya pengantaran, biaya bongkar muat jika ada, serta biaya peninggian awal. Setelah itu tinggal tekan tombol ‘Pesan’ dan tunggu kurir datang ke alamat penjemputan untuk menjemput barang.

Syarat untuk bisa memesan Maxim Cargo

Perlu diperhatikan, untuk bisa memesan layanan Maxim Cargo, Anda harus sudah memenuhi syarat. Adapun syarat yang ditentukan untuk pengguna aplikasi Maxim adalah sebagai berikut: 
  • Sudah terdaftar dan memiliki akun aktif di aplikasi Maxim
  • Kapasitas angkut kargo minimal 1.000 kg
  • Dimensi maksimal barang dengan panjang 2 meter, lebar 1,3 meter dan tinggi 1,3 meter
  • Lokasi penjemputan dan pengantaran harus bisa ditemukan pada titik yang akurat pada peta
  • Memiliki internet yang stabil untuk melakukan pemesan lewat aplikasi Maxim
  • Mencantumkan informasi lengkap berupa nama pemesan dan penerima serta nomor telepon
Pastikan syarat-syarat di atas terpenuhi dengan baik apabila Anda ingin menggunakan layanan Maxim Cargo tanpa hambatan. Itulah cara yang bisa dilakukan untuk memesan layanan kargo dari Maxim. Cukup mudah dan cepat, kan?
Dengan adanya Maxim Cargo, maka membuka kesempatan untuk menjadi agen PPOB pengisian Maxim dengan Klikoo. Agen PPOB adalah agen yang membantu dalam menggunakan layanan Payment Point Online Bank (PPOB), yaitu layanan pembayaran tagihan yang terintegrasi dengan berbagai bank untuk membayar berbagai jenis tagihan. Klikoo merupakan salah satu aplikasi PPOB yang tepercaya.
Pengisian saldo Maxim juga bisa dilakukan melalui aplikasi Klikoo sebagai salah satu penyedia layanan PPOB di Indonesia. Jadi, ketika akan menggunakan jasa Maxim Cargo, Anda bisa langsung melakukan pembayaran dengan mengisi saldo Maxim lewat Klikoo tanpa harus khawatir dengan biaya administrasi seperti yang biasanya dikenakan jika pengisian dilakukan langsung dari bank.