Blog

15 Ide Usaha Sampingan Karyawan Pabrik

Tips Bisnis
ide usaha sampingan karyawan pabrik
Menjadi seorang karyawan pabrik menjadi sebuah kebanggan tersendiri karena dianggap memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. Walau sudah bekerja selama 8 jam, tak sedikit karyawan pabrik yang melakukan bisnis di luar pekerjaan rutinnya. Ada beragam alasan mengapa karyawan pabrik perlu punya bisnis sampingan. Entah itu untuk menambah penghasilan, mengisi waktu luang, atau bahkan agar bisa pensiun dini.

Tentunya jenis usaha sampingan karyawan pabrik yang dipilih tidak terlalu menyita waktu dan mengganggu pekerjaan rutin. Jangan sampai pekerjaan utama terbengkalai, karena bisnis sampingan pun tak akan berjalan baik.

Lantas, apa saja jenis usaha sampingan karyawan pabrik yang bisa dijalani? Simak deretannya di bawah ini.

Usaha Sampingan Karyawan Pabrik

Dilansir Ruangmom, berikut usaha sampingan karyawan pabrik yang bisa kamu jalani.

1. Reseller Fashion Online

Ide usaha sampingan karyawan pabrik yang pertama adalah menjadi reseller fashion online yang dapat dilakukan melalui internet dan gadget yang kamu miliki. Untuk menjadi reseller fashion online sendiri, kamu harus memiliki kemampuan memasarkan ataupun menawarkan sebuah produk kepada orang lain, baik rekan kerja maupun melalui media sosial kepada para pengikut kamu.

Usaha sampingan karyawan pabrik ini sendiri dapat menjadi pilihan yang tepat, karena kamu tidak perlu menumpuk barang terlalu banyak, dan memesan barang kepada supplier sesuai kebutuhan saja. Selain itu, modal yang dikeluarkan juga tidak harus selalu besar, dimana pada awal usaha kamu dapat memesan baju atau produk pilihan dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu, dan jika memang peminatnya tinggi, kamu bisa melakukan pemesanan lagi ke supplier produk tersebut.

2. Menjual Bumbu Instan Siap Pakai

Di jaman serba modern dan cepat ini, segala sesuatu memang dituntut disajikan secara cepat pula. Bahkan untuk urusan makanan. Sayangnya, karena hal tersebut banyak orang beralih pada makanan-makanan instan cepat saji yang tidak baik untuk kesehatan.

Jika kamu orang yang pandai membaca situasi, tentulah ini bisa menjadi peluang memulai usaha sampingan karyawan pabrik dengan modal kecil dengan cara menyajikan bumbu instan buatan sendiri. Dengan menjual bumbu instan atau makanan instan buatan sendiri tentu akan sangat membantu bagi orang lain yang tidak sempat memasak atau menyiapkan makanan sehari-hari. Kamu bisa membantu orang lain menyajikan masakan lebih praktis dengan bumbu dan bahan siap saji.

3. Jasa Penerjemah

Jika kamu menguasai bahasa asing, bisa memilih ide usaha sampingan karyawan pabrik ini. Hanya bermodal kemampuan berbahasa asing, kamu bisa menghasilkan uang tambahan. kamu bisa mencari job penerjemah melalui berbagai situs online. Biasanya jasa ini banyak dicari untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting, makalah, jurnal, dan lainnya. Usaha sampingan karyawan pabrik ini bisa kamu kerjakan dari rumah tanpa mengganggu pekerjaan.

4. Menjadi Influencer

Kamu senang dikenal banyak orang? Kamu bisa memilih jalur menjadi seorang influencer. Tidak perlu jadi selebritas atau orang hebat dahulu, bahkan seorang karyawan pabrik pun bisa jadi influencer. Cari audiens melalui konten kreatifmu di media sosial dan kamu bisa memanfaatkan akunmu dengan melakukan endorsement dan sebagainya.

5. Online Driver

Kendaraan yang kamu gunakan ke pabrik bisa dijadikan usaha sampingan yaitu sebagai online driver. Jadi kamu bisa mengambil penumpang selagi pergi dan pulang kerja. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu setelah pulang kerja untuk mencari penumpang yang ingin menggunakan jasa online driver. Sebagai contoh, andaikan kamu pulang bekerja pukul 5 sore. Dari pukul 5 sore inilah kamu bisa mulai menjadi online driver sampai pukul 9 malam.

6. Menjual Makanan

Bisnis sampingan karyawan pabrik yang satu ini bahkan bisa kamu lakukan di tempat kerja. Kalau kamu bisa memberikan hidangan yang lezat, rekan-rekan kerja pasti tidak keberatan membelinya. Bisa jadi mereka akan ketagihan dan menjadi pelanggan tetapmu. Kamu bisa menjual makanan ringan hingga berat, seperti risol hingga nasi uduk.

7. Berjualan Kopi Racikan

Membuat usaha minuman kopi memang sedang banyak diminati oleh anak muda. Hal ini bisa menjadi peluang untuk kamu yang sedang memulai usaha sampingan karyawan pabrik. Menjual kopi racikan khas kamu bukan berarti harus membuka kedai kopi besar. Tawarkan kopi racikan sendiri mulai dari rekan-rekan kerja atau kerabat dekat.

Cobalah untuk melakukan eksperimen untuk mendapatkan hasil racikan kopi yang lezat. Jika perlu, ambilah kursus barista terlebih dahulu agar kamu benar-benar memahami cara meracik kopi dan memilih biji kopi yang baik. Usaha sampingan karyawan pabrik yang satu ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan jika ditekuni dengan benar. Tidak ada salahnya mencoba hal baru bukan?

Baca juga: 10 Ide Usaha Bisnis Modal 100 Ribu


8. Laundry Kiloan

Laundry kiloan bisa menjadi ide usaha sampingan karyawan pabrik yang cemerlang. Dengan modal yang tidak terlalu besar, kamu bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Kunci sukses dari usaha laundry kiloan adalah pemilihan lokasi usaha. Carilah lokasi yang memiliki pasar yang bagus, seperti daerah yang dekat kampus atau kos-kosan. Selain itu, utamakan kualitas dan pasang harga yang bersaing juga merupakan kunci sukses usaha laundry kiloan.

9. Penulis Lepas

Saat ini ada banyak sekali blog ataupun website yang mencari penulis lepas untuk mengisi konten di situs mereka. Jika kamu punya kemampuan menulis tidak ada salahnya menjadi penulis lepas sebagai usaha sampingan karyawan pabrik.

Untuk tahap awal, anda mungkin dibayar tidak terlalu besar untuk menjadi penulis di blog atau website, namun ketika kamu sudah semakin terkenal maka tulisan anda juga akan dihargai lebih tinggi nantinya. Menjadi penulis lepas juga bisa dilakukan setelah pulang dari pabrik atau ketika ada waktu luang, misalnya libur akhir pekan.

10. Menjual Foto di Internet

Ide pekerjaan sampingan karyawan pabrik yang satu ini cocok untuk kamu yang menyukai fotografi. Foto yang kamu hasilkan dari hobi tak hanya bisa dipandang keindahannya. Kamu juga bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dengan cara menjualnya.

Sejauh ini terdapat beberapa situs yang bisa kamu gunakan untuk menjual foto seperti Shutterstock dan Istockphoto. Situs tersebut memberikan bayaran dalam mata uang dolar. Penghasilan kamu akan jauh lebih besar ketika nilai tukar dolar terhadap rupiah sedang naik.

11. Membuat Kerajinan Tangan

Masih terkait dengan hobi. Jika kamu bisa membuat sesuatu yang kreatif dengan tanganmu di waktu luang, mengapa tidak menjualnya saja? Ada banyak jenis kerajinan tangan yang bisa dijadikan bisnis sampingan karyawan pabrik. Misalnya, membuat lilin aromaterapi, sabun, kartu ucapan, pigura, rajutan, dan banyak lainnya.

Kamu bisa membuat masing-masing kerajinan tangan tersebut seunik mungkin dengan edisi terbatas sehingga memiliki makna yang mendalam. Bisa juga menjualnya dalam jumlah banyak sekaligus, seperti untuk souvenir pernikahan, hampers ulang tahun, atau perayaan momen spesial lainnya.

12. Guru Freelance

Guru freelance merupakan salah satu ide usaha sampingan karyawan pabrik yang menjanjikan. Jika kamu memiliki keahlian tertentu, silakan coba buka jasa sebagai pengajar freelance di bidang tersebut. Kamu dapat mencoba menawarkan keahlian melalui situs freelance, media sosial, mempromosikan ke komunitas lokal, atau bergabung dengan perusahaan yang menyediakan jasa pengajar.

13. Usaha Barang Rental

Usaha barang rental adalah salah satu usaha sampingan karyawan pabrik yang juga banyak peminatnya. Kamu dapat membuka usaha barang rental apapun seperti rental kamera, alat camping, baju, kendaraan. Misalnya, kamu memiliki kamera DSLR yang bisa direntalkan dengan hitungan per jam. Selain kamera, kamu juga bisa menyewakan tripod, lensa dan alat-alat fotografi lain yang dimiliki.

Untuk menghindari barang yang disewakan rusak, kamu dapat menerapkan sistem deposito terlebih dahulu. Kamu akan memotong langsung biaya perbaikan dari uang deposito yang disimpan oleh pengguna jasa sewa.

14. Jasa Pembuatan Curriculum Vitae (CV)

Kamu dapat diterima di tempat kerjamu yang sekarang, bisa jadi karena CV-mu menarik. Bagaimana jika kamu membantu para pencari kerja membuat CV mereka agar menarik perhatian HRD? Bisnis sampingan karyawan pabrik yang satu ini bisa kamu coba dengan modal yang sangat minim, lho. Hanya membutuhkan kreativitas untuk menghasilkan desain CV yang menarik.

Akan jadi poin plus jika kamu bisa memberikan layanan konsultasi seputar CV kepada klien yang hendak mencari pekerjaan.

15. Bisnis Aplikasi PPOB

Menjadi agen PPOB adalah ide bisnis sampingan karyawan pabrik yang juga menjanjikan dan tidak menyita banyak waktu. Hal ini karena ide bisnis ini bisa dijalankan hanya dengan modal smartphone atau laptop serta memiliki pangsa pasar yang bisa dikatakan sangat luas.
Dalam hal ini, kamu menyediakan pembayaran mulai dari aneka tagihan seperti listrik, PDAM, BPJS, internet serta berjualan pulsa dan paket data. Sekilas, bisnis ini mirip dengan bisnis pulsa, namun dengan layanan yang lebih lengkap.

Adanya ragam pembayaran yang lebih lengkap tentu akan memberikan keuntungan yang lebih besar, terlebih jika kamu bergabung dengan Klikoo. Klikoo adalah penyedia layanan PPOB terlengkap yang siap menjadi mitra bisnis kamu.


Bisnis PPOB Klikoo mudah dikelola dan modal yang dibutuhkan sangat kecil. Ada beberapa usaha yang ditawarkan oleh Klikoo, mulai dari pulsa, paket internet, berbagai voucher game, top up saldo emoney, dan berbagai jenis pembayaran tagihan bulanan.

Tidak hanya mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap, kamu bisa mendapatkan bonus komisi atau cashback dari transaksi pembayaran tagihan, harga pulsa, paket data, voucher game, serta layanan lain dari Klikoo cenderung lebih murah.

Dengan demikian, kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Selain itu, nantinya kamu juga akan mendapatkan aneka bonus menarik dari program kemitraan yang dijalankan. Tunggu apa lagi? Yuk, download Klikoo dan nikmati keuntungan tiap bulannya!