Blog

10 Usaha Sampingan Karyawan

Tips Bisnis
rekomendasi-usaha-sampingan-untuk-karyawan
Meski sudah bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan, Anda masih bisa mengumpulkan penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan. Ada banyak jenis usaha sampingan karyawan yang bisa dilakukan tanpa mengganggu waktu kerja di tempat kerja utama. Jadi, sambil mendapatkan gaji sebagai karyawan, Anda juga bisa mendapatkan pemasukan dari usaha sampingan yang dijalankan.
Karena sudah memiliki pekerjaan utama, disarankan untuk menjalankan usaha sampingan karyawan yang praktis dan fleksibel. Pikirkan juga estimasi modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha sampingan tersebut, apakah setara dengan dana yang sudah ada saat ini atau tidak.

10 Rekomendasi Usaha Sampingan Karyawan

Kebanyakan jenis usaha sampingan karyawan merupakan usaha yang bisa dijalankan secara online. Sebab, bisnis online cenderung memiliki waktu yang lebih fleksibel sehingga tidak mengganggu waktu kerja sebagai karyawan di suatu perusahaan. Berikut ini beberapa ide usaha sampingan karyawan yang bisa dicoba.

1. Jual Barang Bekas Online

Saat ini, tren membeli dan menjual barang bekas semakin populer. Menjual barang bekas memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan tanpa memerlukan modal yang besar. Barang yang dijual adalah barang bekas milik pribadi yang kualitasnya masih baik. Banyak pembeli yang tertarik membeli barang bekas karena ingin mendapatkan barang dengan harga lebih murah.

2. Menjadi reseller

Menjadi reseller adalah salah satu jenis usaha sampingan karyawan yang paling mudah untuk dilakukan. Banyak karyawan yang menerapkan usaha ini sambil bekerja. Seorang reseller mendapatkan keuntungan dari menjual produk yang sebelumnya sudah dibeli dari supplier. Jadi, barang yang dijual tidak perlu diproduksi sendiri dari awal, tapi cukup dengan membelinya ke toko supplier.

3. Bisnis dropship

Selain berbisnis sebagai reseller, bisnis dropship juga menjadi salah satu ide usaha sampingan karyawan yang cukup populer. Cara kerja dropship hampir serupa dengan reseller. Bedanya, seorang dropshipper tidak perlu membeli stok dari supplier terlebih dahulu.
Mereka hanya perlu memasarkan produk dan menawarkannya kepada pembeli. Saat pembeli akan membeli produk, maka produk tetap akan diproses dan dikirimkan langsung dari supplier namun atas nama sang dropshipper.

4. Freelancer

Salah satu usaha sampingan karyawan yang paling mudah dilakukan adalah menjadi seorang freelancer. Freelancer adalah pekerja lepas yang tidak terikat pada perusahaan tertentu.
Pekerja lepas akan memberikan jasa untuk kebutuhan klien. Nantinya, pemasukan akan didapatkan dari bayaran atas jasa tersebut. Ada banyak jenis freelance yang bisa dilakukan sebagai karyawan, mulai dari freelancer writer, freelance editor, freelance photographer, freelance designer, dan lain sebagainya.

5. Youtuber

Anda tentu sudah tidak asing dengan profesi sebagai Youtuber. Menjadi Youtuber juga bisa jadi usaha sampingan karyawan yang praktis dan menguntungkan. Ketika membuat konten di Youtube, Anda tidak akan terikat dengan jam waktu tertentu, sehingga Anda bisa menyesuaikan waktu produksi konten dengan jam kerja di pekerjaan utama.


6. Guru Kursus Online

Merasa punya keterampilan di bidang tertentu? Jangan sia-siakan keterampilan tersebut. Sebaiknya, manfaatkan keterampilan yang dimiliki untuk menjalani usaha sampingan karyawan sebagai guru kursus online. Tidak diperlukan modal yang besar untuk memulai usaha sampingan ini. Modal utamanya hanyalah keterampilan khusus yang bisa diajarkan kepada orang lain.

7. Penulis Buku

Bekerja sebagai penulis bisa menjadi ide usaha sampingan karyawan. Saat sedang tidak mengerjakan pekerjaan utama, Anda bisa meluangkan waktu untuk mengisi buku. Nantinya, pemasukan tambahan bisa didapatkan dari hasil royalti atas buku terbit yang berhasil terjual. Jika menerbitkan buku secara independen, royalti yang didapatkan akan lebih besar.

Baca juga: 10 Faktor Keberhasilan Bisnis Kamu! Pasti Untung!

8. Program Afiliasi

Program afiliasi juga cukup populer sebagai usaha sampingan karyawan. Ketika mengikuti program afiliasi, Anda akan mendapatkan komisi dari setiap hasil penjualan produk milik perusahaan atau brand tertentu. Pembeli yang membeli produk akan menggunakan kode kupon khusus milik afiliator untuk mendapatkan diskon. Nantinya, jumlah kode yang digunakan akan menunjukkan keberhasilan Anda dalam menggaet pelanggan baru melalui program afiliasi tersebut.

9. Jual Stok Foto Online

Banyak perusahaan yang menggunakan situs penyedia foto online untuk mendapatkan stok konten foto yang digunakan sebagai keperluan promosi produk. Ada banyak situs yang menyediakan jasa stok foto, seperti Shutterstock, iStock, Freepik, dan lain sebagainya.
Kalau Anda punya keterampilan fotografi, maka foto-foto yang dimiliki bisa dijual di situs online tersebut. Nantinya, keuntungan didapatkan dari jumlah pengguna internet yang membeli stok foto tersebut.

10. Menjadi Agen PPOB

Payment Point Online Banking (PPOB) adalah penyedia layanan pembayaran tagihan secara online yang sudah terintegrasi dengan berbagai macam bank, sehingga proses pembayaran tagihan menjadi lebih mudah. Biasanya, tagihan yang bisa dibayar dengan jasa PPOB meliputi tagihan listrik, PDAM, pulsa, BPJS, dan lain sebagainya.

Seorang agen PPOB bekerja dengan menggaet calon pelanggan baru agar menggunakan jasa PPOB ketika akan membayar tagihan. Agen PPOB mendapatkan keuntungan dari banyaknya pelanggan yang menggunakan jasa mereka untuk melunasi tagihan yang dimiliki.

Karena cara kerjanya cukup fleksibel, agen PPOB bisa menjadi ide usaha sampingan karyawan yang menguntungkan. Anda tidak perlu mengorbankan waktu bekerja untuk menjalankan bisnis ini. Selain itu, tidak diperlukan modal yang besar untuk bisa menjadi seorang agen PPOB selama Anda memiliki pulsa, smartphone untuk mengunduh aplikasi PPOB, dan akses internet untuk melakukan transaksi.


Menjadi Agen PPOB di Klikoo

Usaha sampingan karyawan sebagai agen PPOB adalah pilihan yang tepat apabila Anda mencari pekerjaan sampingan dengan waktu kerja fleksibel dan modal yang tidak besar. Salah satu aplikasi PPOB yang saat ini bisa dimanfaatkan adalah Klikoo. Untuk menjadi agen PPOB Klikoo, tentu Anda perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Berikut ini panduan download aplikasi Klikoo:

  • Unduh atau download aplikasi Klikoo yang sudah tersedia di Google Play Store atau klik banner di bawah ini 

  • Lakukan pendaftaran akun dengan melampirkan nama, nomor telepon, email, serta password
  • Masukkan data verifikasi berupa nomor KTP, alamat, dan tanggal lahir
  • Upload foto selfie sambil memegang KTP
  • Tunggu verifikasi dari pihak Customer Support Klikoo selama 1 x 24 jam
  • Verifikasi selesai

Apabila akun sudah terbuat dan aktif, Anda bisa langsung menjalankan usaha sampingan karyawan sebagai agen PPOB Klikoo. Langkah untuk memulai usaha ini adalah sebagai berikut:
  • Mengisi saldo Klikoo minimal Rp10 ribu melalui transfer bank, virtual account, Alfamart, atau tim sales Klikoo. Saldo akan digunakan untuk membayar tagihan.
  • Lakukan transaksi pembayaran tagihan dengan mengisi nomor tagihan di laman aplikasi Klikoo. Saldo Klikoo akan terpotong secara otomatis setelah tagihan dibayarkan

Begitulah langkah yang bisa dilakukan untuk menjalankan usaha sampingan karyawan sebagai agen PPOB Klikoo. Jika Anda sedang mencari usaha sampingan yang bermodal kecil dan memiliki waktu kerja fleksibel, pertimbangkanlah rekomendasi-rekomendasi di atas.