Blog

20 Rekomendasi Buku untuk Belajar Bisnis

Tips Bisnis
20-rekomendasi-buku-bisnis
Banyak orang tertarik untuk berbisnis, tapi tidak semua orang bisa sukses melakukannya. Untuk menjalankan usaha yang sukses, diperlukan pengetahuan yang mendalam tentang bisnis. Salah satu cara untuk memperkaya pengetahuan seputar bisnis adalah membaca rekomendasi buku untuk belajar bisnis.

Ada banyak sekali rekomendasi buku untuk belajar bisnis yang ditulis oleh wirausaha internasional maupun lokal yang sering dijadikan panduan dalam memulai bisnis. Di sini, Anda bisa mencari tahu apa saja buku-buku seputar bisnis yang bisa membekali Anda tentang ilmu bisnis bagi pemula.

20 Rekomendasi Buku Untuk Belajar Bisnis

Setidaknya ada 20 rekomendasi buku untuk belajar bisnis yang bisa dibaca sebelum mulai berbisnis. Berikut ini rekomendasi buku-buku tersebut.

1. Zero to One - Peter Thiel

Rekomendasi yang pertama adalah buku berjudul Zero to One karya Peter Thiel, seorang investor sekaligus co-founder Paypal. Buku ini secara khusus membahas filosofi bisnis start up, mulai dari cara membangun sampai cara menghadapi tantangan start up di masa depan. Bagi Anda yang merencanakan untuk memulai start up, buku ini bisa dijadikan panduan.

2. The Ultimate Marketing Plan - Dan Kennedy

Dalam berbisnis, strategi marketing atau pemasaran sangatlah penting. Untuk mengetahui cara menyusun strategi pemasaran yang baik, Anda bisa membaca buku The Ultimate Marketing Plan karya Dan Kennedy. Buku ini sangat cocok dibaca oleh pemula karena menyebutkan banyak teori dasar pemasaran.

3. The Magic of Thinking Big – David J. Schwartz

Rekomendasi buku untuk belajar bisnis yang ketiga adalah The Magic of Thinking Big yang ditulis oleh David J. Schwartz. Buku ini sudah sering menjadi buku best seller nomor satu secara internasional dan juga lokal. Sesuai judulnya, buku ini menekankan tentang keberanian untuk berpikir besar dalam memulai bisnis dan memikirkan ide-ide yang kreatif untuk mengembangkan bisnis.

4. Business Adventures – John Brooks

Business Adventures yang ditulis oleh John Brooks juga bisa menjadi rekomendasi buku untuk belajar bisnis. Buku ini dikenal sebagai buku bisnis terbaik sepanjang masa, khususnya sejak Warren Buffet merekomendasikan buku ini kepada Bill Gates di tahun 1991. Buku inilah yang membantu Bill Gates dalam mengembangkan bisnis Microsoft.


5. Focal Point – Brian Stacy

Rekomendasi buku untuk belajar bisnis yang berikutnya adalah Focal Point yang ditulis oleh Brian Stacy. Buku ini mengajarkan tentang pentingnya memiliki kemampuan focal point sebagai keterampilan utama yang harus dimiliki untuk mengembangkan bisnis. Focal point yang dimaksud adalah fokus terhadap satu bidang tertentu.

6. Think and Grow Rich – Napoleon Hill

Think and Grow Rich karya Napoleon Hill sudah sering direkomendasikan oleh para pengusaha sukses. Buku ini mengajarkan tentang kesuksesan dengan mengembangkan pola pikir serta kemauan yang kuat dalam berbisnis. Sang penulis percaya bahwa kemauan dan penyusunan strategi yang spesifik adalah kunci dari kesuksesan bisnis.

7. How to Win Friends and Influence People - Dale Carnegie

Buku How to Win Friends and Influence People juga bisa menjadi rekomendasi buku untuk belajar bisnis. Buku ini cukup laris dan sering menjadi best seller, baik di Indonesia maupun secara internasional. Di dalam buku ini, ditekankan pentingnya membangun jaringan atau networking untuk mengembangkan bisnis dan langkah yang perlu dilakukan untuk melakukannya.

8. Don’t Make Me Think – Steve Krug

Rekomendasi buku untuk belajar bisnis yang berikutnya adalah Don’t Make Me Think karya Steve Krug. Di dalam buku ini, diajarkan mengenai pola pikir konsumen atau pelanggan dan alasan mengapa pelanggan meninggalkan bisnis Anda. Dari sini, Anda bisa belajar untuk mengembangkan bisnis sesuai dengan keinginan konsumen.

9. Traction: Get A Grip On Your Business – Gino Wickman

Buku Traction: Get A Grip On Your Business yang ditulis oleh Gino Wickman menjelaskan tentang cara memilih teknik yang tepat untuk memasarkan produk. Sebab, pada dasarnya, tidak semua strategi pemasaran yang sama bisa diterapkan untuk seluruh bisnis secara merata.


10. The New Rules Of Marketing & PR – David Meerman Scott

Saat ini, strategi pemasaran perlu dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Buku ini mengajarkan tentang teori-teori pemasaran baru yang terbentuk seiring dengan perkembangan teknologi digital. Buku ini juga mengajarkan cara menerapkan strategi pemasaran dengan biaya yang efisien.

Baca juga: Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Berbisnis! Pasti Untung!

11. The Referral Engine – John Jantsch

Rekomendasi yang berikutnya adalah buku The Referral Engine karya John Jantsch. Buku ini menekankan tentang pentingnya rekomendasi atau referral dalam menggaet pelanggan. Menurut sang penulis, pelanggan lebih mungkin untuk merasa tertarik dalam membeli produk setelah mendengarkan rekomendasi dari keluarga atau teman terdekat yang merasa puas terhadap produk tersebut.

12. Advanced Web Metrics with Google Analytics – Brian Clifton

Digital marketing saat ini menjadi teknik pemasaran yang sangat populer dan efektif untuk menyukseskan bisnis. Analisis sangat perlu dilakukan dalam strategi pemasaran digital. Untuk melakukan analisis, semua pebisnis kebanyakan menggunakan Google Analytics. Buku ini mengajarkan tentang cara melakukan analisis dengan fitur tersebut.

13. Purple Cow - Seth Godin

Rekomendasi buku untuk belajar bisnis yang berikutnya adalah Purple Cow yang ditulis oleh Seth Godin. Nama Seth Godin sudah cukup populer di kalangan pebisnis. Ia sudah menuliskan berbagai buku seputar bisnis dan kesuksesan dan buku-bukunya sudah sering menjadi best seller internasional, termasuk Purple Cow. Buku ini mengajarkan tentang cara membuat produk yang berbeda dan unggul dari produk lain.

14. Man's Search for Meaning - Viktor Frankel

Buku Man's Search for Meaning yang ditulis oleh Viktor Frankel bukan secara khusus mengajarkan tentang bisnis, namun tentang membentuk perspektif dalam menentukan tujuan hidup. Perspektif ini bisa membantu para pebisnis dalam mengembangkan bisnisnya.

15. Optimize – Lee Odden

Rekomendasi buku untuk belajar bisnis yang satu ini mengajarkan tentang metode untuk mengoptimalkan konversi pelanggan melalui konten. Strategi ini sangat diperlukan bagi para pebisnis yang ingin memaksimalkan penjualan secara online.

16. The 4-Hour Work Week – Tim Ferris

Ada lagi rekomendasi buku untuk belajar bisnis, yaitu The 4-Hour Work Week karya Tim Ferris. Buku ini menyadarkan pembaca bahwa waktu sebenarnya lebih berharga daripada uang. Lewat buku ini, sang penulis memberikan tips mengenai cara membagi waktu yang sehat antara mengelola bisnis dengan beristirahat, namun tetap bisa mendapat keuntungan besar.

17. One Minutes Manager - Kenneth Blanhard

Rekomendasi buku untuk belajar bisnis yang berikutnya adalah One Minute Manager yang ditulis oleh Kenneth Blanhard. Buku ini menekankan tentang pentingnya memanfaatkan waktu untuk memaksimalkan apa yang ini dicapai dalam hidup, misalnya dalam berbisnis.


18. What Great Brands Do – Denise Lee Yohn

Buku What Great Brands Do yang ditulis oleh Denise Lee Yohn menekankan tentang cara membantun citra merek atau brand image lewat tujuh prinsip utama. Denise Lee Yohn sendiri sudah sejak lama menjadi konsultan brand dari berbagai merek ternama, seperti Sony dan Frito-Lay.

19. Lead With A Story – Paul Smith

Rekomendasi yang berikutnya adalah buku Lead With A Story karya Paul Smith. Buku ini menekankan tentang pentingnya melakukan pemasaran dengan membangun cerita. Cerita itulah yang akan membuat konsumen ingat pada brand dari bisnis Anda.

20. Jab, Jab, Jab, Right Hook – Gary Vaynerchuk

Rekomendasi buku untuk belajar bisnis yang terakhir adalah buku berjudul Jab, Jab, Jab, Right Hook karya Gary Vaynerchuk. Buku ini menekankan tentang pentingnya memanfaatkan media sosial dalam berbisnis guna menjalin interaksi dengan pasar yang berbeda. Karena, penulis percaya bahwa setiap media sosial sanggup menjangkau golongan pasar yang beragam.



Itulah 20 rekomendasi buku untuk belajar bisnis yang bisa dibaca saat Anda akan memulai bisnis dan ingin mengembangkannya dengan lebih baik. Saat ini, salah satu bisnis yang bisa dijalankan adalah bisnis Payment Point Online Banking atau PPOB. Di Indonesia, salah satu PPOB yang bisa diandalkan adalah Klikoo.