Blog

10 Faktor Keberhasilan Usaha Agar Untung

Tips Bisnis
10-faktor-keberhasilan-usaha
Bicara tentang faktor keberhasilan usaha, tentunya setiap entrepreneur atau wirausahawan memiliki definisi tersendiri yang mereka yakini. Ada orang yang berpikir bahwa sebuah usaha dinyatakan berhasil atau sukses bila mana keuntungan yang diperoleh sudah mencapai dua kali lipat dari jumlah modal yang dikeluarkan. Ada juga yang berpendapat usaha bisa dikatakan berhasil jika sudah melakukan ekspansi secara masal.

Menurut Glints, banyak orang yang ini memulai usaha namun tidak sabar dalam proses. Padahal, pada dasarnya untuk meraih sebuah kesuksesan ada jalan panjang yang harus kamu tempuh. Hal ini akan membangun dan membentuk kamu menjadi pengusaha yang tangguh. Selain membutuhkan mental yang kuat, terdapat beberapa faktor yang menentukan keberhasilan kamu sebagai seorang pengusaha. 

Penasaran apa saja faktor keberhasilan usaha? Yuk, simak daftarnya dalam artikel ini!

Faktor Keberhasilan Usaha untuk Pebisnis

Wirausaha adalah individu yang bisa menciptakan bisnis sendiri. Banyak pengusaha yang gagal bahkan bangkrut karena tidak memiliki karakter kewirausahaan. Karena banyak yang berpikir, dengan modal besar, usaha akan berjalan dengan sendirinya.

Belum lagi faktor risiko yang tak terduga seperti musibah hingga bencana alam. Nah, berikut ini beberapa faktor yang paling mendukung keberhasilan usaha.

1. Pengetahuan tentang Usaha

Faktor keberhasilan usaha yang paling dasar, yaitu pengetahuan tentang usaha. Pengetahuan sangatlah penting, tak terkecuali saat ingin memulai usaha. Pastikan kamu memiliki landasan pengetahuan yang berkaitan dengan usaha yang hendak dijalankan.

Misalnya, kamu ingin membuka usaha coffee shop. Maka ada baiknya memahami cara membuat kopi, jenis-jenis kopi, serta teknik tertentu yang digunakan dalam seni meracik kopi.

2. Melakukan Perencanaan dengan Matang

Dalam wirausaha, segala sesuatu harus direncanakan dengan sebaik mungkin. Sebab, hal ini menjadi faktor keberhasilan usaha yang kamu jalani. Perencanaan sebenarnya dimulai sejak kamu berniat merintis usaha. Dari situlah perencanaan usaha dapat menjadi pedoman serta pengingat kamu ketika menjalankan usaha.

Saat menjalankan usaha, kamu tidak akan luput dari tantangan serta rintangan. Namun semuanya akan dapat diatasi dengan baik jika sebelumnya kamu sudah merencanakan usaha dengan matang dan menyeluruh. Perencanaan usaha bisa kembali mengingatkan kamu pada tujuan awal membangun usaha tersebut.

3. Tampil Berani dalam Mengambil Keputusan

Faktor keberhasilan usaha selanjutnya adalah berani mengambil keputusan. Ada banyak orang yang menjalankan bisnis, tetapi sedikit yang berani mengambil keputusan. Terkadang ada sebagian pebisnis yang mengetahui konsep, teori, merencanakan berbagai hal, tapi tidak berani mengambil keputusan apa-apa. Akhirnya, rencana tersebut hanyalah rencana yang terlupakan.

Setelah memutuskan untuk terjun dan menjalankan suatu usaha, kamu harus berani membuat keputusan. Jangan takut menciptakan ide-ide baru, yang sangat mungkin menjadi inovasi baru. Realisasikan ide dan kreativitas kamu! Kamu harus tahu bahwa pengusaha-pengusaha besar saat ini menjadi demikian salah satunya karena keberanian mereka mengambil keputusan.

4. Memiliki Modal dan Tahu Cara Mencarinya

Modal memang menjadi faktor keberhasilan usaha yang tak bisa dipungkiri. Untuk mendirikan usaha, dan mengembangkannya lebih besar, kamu diharuskan memiliki modal usaha. Berapa jumlah modalnya tidak ada patokan, yang penting cukup untuk kebutuhan operasional usahamu.

Jika kamu langsung ingin mempekerjakan orang lain, kamu harus memberikan gaji yang layak untuknya. Jika kamu tidak memiliki modal, banyak cara lain yang bisa dilakukan. Ada yang meminjam uang pada saudara, meminjam uang ke bank atau kamu bisa juga mengandalkan investor.

Namun, kamu harus bisa meyakinkan pada mereka bahwa pinjaman itu akan dikembalikan. Jangan sampai kamu tidak membayarnya karena uang itu memang bukan milikmu.

Baca juga: 20 Rekomendasi Buku Untuk Belajar Bisnis

5. Kerjasama dalam Tim

Keberhasilan dalam merintis usaha tidak terjadi secara tunggal atau hanya dari 1 orang saja, tetapi adanya campur tangan dari pihak lain juga mendukung terjadinya hal ini. Melalui kerjasama tim yang baik, kamu akan dapat memperoleh sebuah kesuksesan yang diidamkan.

Misalnya bekerjasama dengan rekan bisnis kamu meningkatkan mutu produk dan pelayanan, bekerjasama dengan karyawan dalam memanage gerai, bekerjasama dengan supplier dalam memilih bahan baku yang berkualitas, dan masih banyak lagi. Jadi, jangan pernah menyepelekan faktor keberhasilan usaha yang satu ini, ya!

6. Koneksi

Dalam dunia profesional dan bisnis, koneksi menjadi hal yang sangat penting dan krusial. Bahkan faktor keberhasilan usaha ini bisa disebut sebagai penentu kemajuan bisnismu. Koneksi dengan sesama pengusaha atau klien, hingga sahabat sangat memberi manfaat untuk bisnis. Dengan memiliki banyak koneksi, kamu punya potensi besar untuk mengembangkan usaha.

7. Mampu Memanfaatkan Setiap Peluang yang Ada

Faktor keberhasilan usaha berikutnya yang bisa membawa pada kesuksesan adalah kepiawaian dalam memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya. Walaupun demikian, pertimbangkan dengan matang sebelum melakukan aksi atas peluang tersebut agar tidak menjadi bumerang bagi diri sendiri. Selain itu, pastikan bahwa peluang tersebut selaras dengan bisnis yang ditekuni. Terutama dalam hal potensi diri serta situasi dan kondisi pasar.

8. Percaya Diri

Percaya diri menjadi faktor keberhasilan usaha yang juga harus kamu miliki. Kamu dituntut untuk harus memiliki jenis kepribadian yang satu ini karena usaha yang akan atau telah kamu bangun dan jalankan nantinya adalah buah pikiran dan usaha kamu.

Oleh karena itu, milikilah kepercayaan tinggi untuk bisnis kamu. Dengan kepercayaan diri yang tinggi juga akan membantu kamu lebih mantap dan tidak risau saat mengambil keputusan dalam usaha nantinya.

9. Kecerdasan Mengatasi Masalah

Dalam mempertahankan usaha, kamu harus memiliki kecerdasan sebagai pemimpin. Faktor keberhasilan usaha ini penting karena mungkin saja ada hal yang membuat bisnis kamu terancam mengalami kebangkrutan.

Lalu, kecerdasan seperti apa yang harus kamu miliki? Salah satunya adalah kecerdasan dalam kemampuan problem solving atau kemampuan memecahkan masalah. Dengan pengetahuan dalam mengatasi atau menyelesaikan masalah akan membantumu menemukan solusi terbaik untuk setiap permasalahan yang ada dalam usaha kamu.

10. Memiliki Strategi Pemasaran yang Efektif

Salah satu faktor keberhasilan usaha adalah mempunyai strategi pemasaran. Faktor penunjang yang satu ini akan membantu kamu dalam memperkenalkan bisnis dan produk kepada masyarakat. Misalnya, melakukan promosi melalui media sosial atau membagikan sampel produk ke beberapa teman lalu meminta mereka untuk membuat review dan mengunggahnya di media sosial.


Demikian beberapa faktor keberhasilan usaha yang wajib kamu ketahui. Jika kamu bingung memulai bisnis apa yang mudah dan menguntungkan, bisa menjadi agen PPOB. Payment Point Online Banking (PPOB) adalah bisnis dalam bidang jasa yang menawarkan untuk menerima pembayaran berbagai macam tagihan.

Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa mulai sekarang juga dengan menggunakan aplikasi Klikoo. Di Klikoo, kamu bisa menjual produk pulsa dan paket data, e-wallet (OVO, GoPay, DANA, ShopeePay), dan tagihan air & listrik. Dengan modal yang murah, namun memiliki berbagai fitur unggulan seperti kemudahan transaksi, kelengkapan kebutuhan pembayaran, dan promo cashback yang rutin tiap bulan, Klikoo dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kamu.