Blog

Modal Usaha Konter Pulsa serta Keuntungannya

PPOB
usaha konter pulsa
Semakin banyak pengguna handphone, maka akan bertambah juga kebutuhan pulsa dan kuota sehingga peluang usaha konter pulsa sangat menjanjikan di masa depan. Terlebih modal usaha konter pulsa juga tidak besar dan memiliki stok tanpa masa kadaluarsa.

Dilansir Kompas, keuntungan usaha konter pulsa juga bisa dikatakan cukup besar, mengingat kebutuhan masyarakat yang terus meningkat. Apalagi jika kamu juga melayani berbagai transaksi seperti paket data, top up game, menjual aksesoris dan lain sebagainya.

Jika kamu tertarik memulai usaha ini, yuk simak perkiraan modal usaha konter pulsa serta keuntungan usaha konter pulsa yang mungkin diperoleh di bawah ini.


Langkah-langkah Membuka Konter Pulsa

Sebelum mengetahui lebih lanjut modal usaha konter pulsa serta keuntungan usaha konter pulsa, penting bagi kamu untuk tahu langkah awal membuka bisnis ini.

Memulai usaha konter pulsa boleh dikatakan gampang-gampang susah. Pasalnya, usaha yang satu ini memiliki banyak kompetitor, bahkan hampir di setiap sudut lokasi yang ada. Maka dari itu, supaya modal usaha konter pulsa memperoleh banyak keuntungan, pastikan kamu mengikuti tips di bawah ini.

1. Menentukan Lokasi

Lokasi menjadi hal penentu usaha konter pulsa, lho. Pilihlah lokasi strategis seperti pinggir jalan, dekat dengan pusat keramaian seperti universitas, sekolah, rumah makan, taman, dan lainnya. Namun bila tidak ada pilihan lain seperti tidak ada biaya sewa tempat, kamu juga bisa membuka konter pulsa rumahan terlebih dahulu.

Hal ini cukup bagus untuk pemula sehingga tidak perlu menyewa tempat dan bisa menjadi ajang pengenalan bisnis pulsa tanpa takut rugi. Perlu diingat bahwa melihat demografi masyarakat juga bisa memberi celah.

Misalnya, meskipun lokasi konter jauh dari universitas, tapi di daerah kamu banyak kost-kostan mahasiswa serta karyawan. Mereka umumnya konsumtif dalam penggunaan pulsa.

2. Mulai dari Kecil Dulu

Sebagai langkah awal, tidak perlu membuka konter yang besar dulu karena pastinya akan membutuhkan modal usaha konter pulsa tidak sedikit. Mulai saja dulu dari yang kecil cukup dengan modal HP sebagai sarana untuk mengirimkan pulsa elektrik pada pelanggan.

Jika ingin terlihat lebih lengkap bisa ditambahkan dengan voucher pulsa dan kartu perdana yang harganya relatif murah. Tidak perlu menjual HP dan aksesorisnya lebih dulu jika memang modal usaha konter pulsa belum mencukupi.

3. Pintar Memilih Distributor

Dalam membangun usaha ini, kamu juga perlu pintar dalam memilih distributor pulsa. Pilihlah yang bisa dipercayai dan tentunya profesional. Kamu bisa memilihnya berdasarkan rekomendasi teman yang juga memiliki usaha sama.

Di samping itu, kamu juga bisa melakukan survei terlebih dahulu ke berbagai tempat. Hindari kerjasama dengan agen yang menawarkan harga lebih murah, akan tetapi pulsa masuknya suka telat. Apalagi jika pelayanannya kurang ramah.

4. Tetapkan Harga Jual

Setelah menemukan distributor yang tepat, berikutnya kamu bisa mulai menetapkan harga jual. Pastikan menjual pulsa sesuai dengan harga pasaran saat ini. Hindari mengambil keuntungan usaha konter pulsa terlalu banyak. Misalnya, pulsa Rp10.000 dijual dengan harga Rp13.000. Padahal konter lain menjual dengan harga Rp12.000.

Jika begitu, tentu pulsa yang kamu jual akan kurang laku. Belum dapat pelanggan, justru sudah gulung tikar. Jangan sampai begini, ya! Boleh saja mengambil keuntungan usaha konter pulsa, akan tetapi jangan sampai kalah saing dengan konter lainnya.

5. Beri Pelayanan Ramah

Konter pulsa yang menarik memang bisa menyita perhatian banyak orang. Terlebih jika kamu bisa memberikan pelayanan yang ramah pula. Pastikan bahwa kamu bisa memberikan apa yang dibutuhkan oleh setiap konsumen dengan sebaik-baiknya. Hal ini akan memberikan keuntungan besar bagi kamu.

Konsumen yang merasa terbantu tentunya akan menjadikan konter kamu sebagai langganan. Bayangkan jika hal ini bukan hanya terjadi pada satu konsumen saja. Pasti akan memberikan keuntungan usaha konter pulsa yang sedang dijalani berlipat ganda.

Baca juga: Cara Menjadi Agen Top-Up E-Money! Untung Loh!

Keuntungan Usaha Konter Pulsa

Kali ini kita akan membahas keuntungan usaha konter pulsa, sedangkan modal usaha konter pulsa akan dibahas selanjutnya.

1. Modal Kecil

Banyak orang yang beranggapan bahwa menjalankan sebuah bisnis membutuhkan modal yang besar. Anggapan tersebut tidak berlaku bagi usaha konter pulsa. Modal usaha konter pulsa hanya membutuhkan nilai deposit yang rendah serta handphone yang dapat digunakan untuk mengirim pesan. Hanya dengan nilai deposit sebesar Rp50.000, kamu dapat langsung menggunakan deposit tersebut sebagai saldo awal.

2. Minim Risiko

Keuntungan usaha konter pulsa selanjutnya adalah minim akan risiko. Jumlah saldo yang didepositkan tidak akan hilang atau kadaluarsa seperti pulsa. Bisnis pulsa tidak dibatasi dengan tren yang akan berubah setiap waktunya. Namun bila kamu berjualan kartu perdana biasanya ada masa expired dan tentunya bisa dengan mudah diatur manajemen stok nya.

3. Pangsa Pasar yang Luas dan Sangat Dibutuhkan

Keuntungan usaha konter pulsa lainnya adalah pulsa menjadi kebutuhan sehari-hari dan harus dipenuhi. Kini, masyarakat tidak akan bisa lepas dari handphone. Mereka membutuhkan pulsa agar terhubung dengan orang lain. Saat pulsa mereka habis, mereka pastinya akan melakukan pengisian pulsa kembali.


Modal Usaha Konter Pulsa

Jika kamu sudah mengetahui langkah awal serta keuntungan usaha konter pulsa, sekarang kita akan membahas modal usaha konter pulsa.

Mengenai rincian yang akan diberikan silahkan sesuaikan dengan modal usaha konter pulsa yang kamu miliki. Sebab, harga setiap produk jualan tentunya akan berbeda di tiap daerah.

1. Biaya Peralatan Kios

Di sini akan dijelaskan biaya yang akan di pakai untuk membeli peralatan bekerja atau kebutuhan yang akan digunakan di kios nantinya.
Etalase konter HP: Rp1.300.000
Rak aksesoris HP: Rp200.000
Kursi plastik: Rp35.000 per kursi (35 ribu x 4 kursi = Rp140.000)
HP komunikator: Rp250.000 (dipakai untuk mengisi pulsa)
Sewa kios + listrik: Rp500.000
Total keseluruhan: Rp2.390.000

2. Biaya Kebutuhan Jualan

Sedangkan modal usaha konter pulsa kebutuhan jualan berisikan apa saja yang akan dijual untuk pelanggan
Biaya membeli pulsa elektrik: Rp2.500.000
Modal usaha paket data: Rp4.500.000
Aksesoris HP: Rp500.000
Total keseluruhan: Rp7.500.000
Total modal usaha konter pulsa dan kuota mulai dari biaya peralatan kios dan kebutuhan jualan Rp2.390.000 + Rp7.500.000 = Rp9.890.000.
Jadi biaya yang diperlukan untuk membuka konter pulsa untuk modal awal usaha sebesar Rp9.890.000.

Perlu diketahui perhitungan ini hanya sebuah analisis dari gambaran biaya yang akan dipakai untuk membuka usaha konter pulsa dan kuota internet.

Membuka Usaha Konter Pulsa dengan Klikoo


Tertarik untuk memulai usaha konter pulsa? Klikoo sebagai agen PPBO menjadi pilihan yang tepat. Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa mulai sekarang juga dengan menggunakan aplikasi Klikoo. Untuk menjadi agen PPOB Klikoo, tentu kamu perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Berikut ini panduan download aplikasi Klikoo.

  1. Unduh atau download aplikasi Klikoo yang sudah tersedia di Google Play Store atau klik di sini!
  2. Lakukan pendaftaran akun dengan melampirkan nama, nomor telepon, email, serta password
  3. Masukkan data verifikasi berupa nomor KTP, alamat, dan tanggal lahir
  4. Upload foto selfie sambil memegang KTP
  5. Tunggu verifikasi dari pihak Customer Support Klikoo selama 1 x 24 jam
  6. Verifikasi selesai

Apabila akun sudah terbuat dan aktif, kamu bisa langsung menjalankan usaha konter pulsa sebagai agen PPOB Klikoo. Langkah untuk memulai usaha ini adalah sebagai berikut:

  1. Mengisi saldo Klikoo minimal Rp10 ribu melalui transfer bank, virtual account, Alfamart, atau tim sales Klikoo. Saldo akan digunakan untuk modal.
  2. Lakukan transaksi pembayaran tagihan dengan mengisi nomor tagihan di laman aplikasi Klikoo. Saldo Klikoo akan terpotong secara otomatis setelah tagihan dibayarkan

Nah itu dia langkah yang bisa kamu lakukan untuk menjalankan usaha konter pulsa sebagai agen PPOB Klikoo. Yuk, daftar sekarang juga!