Blog

10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Tips Bisnis
rekomendasi-usaha-untuk-ibu-rumah-tangga
Banyak ibu yang merasa kebingungan, apakah ada usaha sampingan yang dapat dilakukan ketika menjadi ibu rumah tangga. Mengingat tugas menjadi ibu rumah tangga sendiri tidak mudah, karena ibu harus menjaga anak, mengurus suami, dan membereskan berbagai urusan rumah tangga yang cukup menyita waktu serta tenaga. Kondisi ini memang tidak mudah, tapi bukan berarti sebagai ibu rumah tangga, Anda tidak dapat memiliki usaha sampingan. Menurut KataData, banyak ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha, namun bingung untuk memilih usaha yang tepat. 
Ada beberapa rekomendasi usaha yang dapat dilakukan langsung dari rumah, tanpa Anda perlu berpindah dan melepaskan tugas sebagai ibu rumah tangga. Artikel ini akan bantu menemukan Anda pada jenis usaha sampingan ibu rumah tangga yang sesuai untuk Anda. Selengkapnya simak di bawah ini.

Rekomendasi Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Anda ibu rumah tangga dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha sampingan Anda? Tidak perlu khawatir dan bingung mencari, ada berbagai rekomendasi usaha sampingan khusus untuk ibu rumah tangga. Apakah saja itu? Temukan rekomendasinya di sini.

Toko Kelontong

Opsi pertama yang dapat Anda lakukan untuk memiliki usaha sampingan sebagai ibu rumah tangga adalah menjalankan toko kelontong. Bisnis ini banyak dilakukan oleh para ibu rumah tangga, karena dapat dilakukan langsung dari rumah dan Anda juga tetap dapat mengurus kebutuhan pekerjaan rumah tangga.
Modal yang dibutuhkan sendiri pun tidak terlalu besar, Anda dapat mulai membuka toko kelontong Anda sendiri dengan memanfaatkan pelataran atau area depan rumah, dan menjual barang-barang dengan perputaran jual yang cepat seperti kebutuhan pokok.

Tukang Jahit

Punya keahlian menjahit? Jangan sia-siakan begitu saja, ibu rumah tangga dapat coba melakukan usaha sampingan menjadi tukang jahit. Usaha ini termasuk mudah untuk dilakukan, selama Anda memiliki keahlian dan peralatan yang dibutuhkan.
Sederhana saja, Anda dapat mulai melakukan usaha sampingan ini dan mencari pelanggan dari tetangga sekitar Anda. Mereka tentu akan membutuhkan jasa ini baik untuk jasa jahit sederhana seperti permak, memperbaiki jahitan yang rusak, atau mungkin menjahit baju secara keseluruhan.


Katering

Tak punya keahlian khusus namun, banyak orang menilai Anda pandai memasak? Tak perlu bingung lagi, lakukan usaha sampingan ibu rumah tangga sebagai penyedia katering.
Potensi bisnis ini lumayan tinggi peminatnya, karena banyak orang terkadang tidak memiliki cukup waktu untuk memasak, sehingga lebih memilih untuk beli makanan. Manfaatkan hal ini, untuk menjual makanan-makanan bergizi nan lezat. Lakukan promosi di social media, dan buat promo menarik agar pelanggan banyak berdatangan.

Laundry

Tidak bisa menjahit atau memasak, tapi ingin tetap punya usaha sampingan sebagai ibu rumah tangga? Tidak perlu khawatir. Ada rekomendasi lain yang dapat Anda coba yaitu menjadi tukang laundry Bisnis ini cukup menguntungkan dengan modal tidak terlalu besar. Anda hanya membutuhkan mesin cuci, untuk usaha awal Anda membuka laundry.
Tak hanya mencuci baju saja, selanjutnya Anda dapat coba memberikan variasi jasa seperti cuci sepatu, cuci jas, cuci boneka, dan lainnya. Berikan pelayanan paling memuaskan untuk pelanggan Anda, dengan menjaga kualitas kebersihan, kerapian, dan kewangian baju yang dilaundry.


Salon Potong Rambut

Rekomendasi usaha sampingan untuk ibu rumah tangga selanjutnya adalah membuka salon. Tidak perlu salon besar, Anda dapat memulainya dengan memberikan jasa potong rambut, keramas, dan pijat sederhana untuk memberikan pelayanan tambahan.
Jasa ini sangat dibutuhkan, karena setiap orang tentu rutin untuk merapikan rambutnya dalam beberapa bulan sekali. Berikan harga terjangkau namun, dengan kualitas unggulan untuk membuat pelanggan berdatangan dan merekomendasikan usaha sampingan Anda pada kenalannya.

Reseller atau Dropship

Ingin mulai usaha sampingan saat menjadi ibu rumah tangga, tapi belum memiliki modal banyak? Anda dapat coba melakukan bisnis reseller atau dropship.
Bisnis jenis ini memungkinkan untuk Anda memulai bisnis tanpa modal banyak, dan Anda dapat mulai menjual produk Anda sendiri pada teman atau calon pelanggan lainnya. Sebagai tips, Anda dapat bergabung pada produk yang banyak dibutuhkan seperti peralatan makan, pakaian, skincare, dan lainnya.

Jual Kue Basah atau Snack

Punya keahlian membuat kue atau snack, dan ingin menjadikannya sebagai usaha sampingan yang menguntungkan bagi ibu rumah tangga? Tentu saja bisa. Anda dapat memulainya dari makanan-makanan kecil seperti snack, kue basah, gorengan, dan menjualnya di depan rumah.
Pilih waktu yang strategis untuk menjualnya seperti pagi hari, ketika orang akan mulai beraktivitas atau pada sore hari, ketika orang pulang dari kegiatannya. Manfaatkan juga koneksi yang Anda miliki, seperti mulai menjualnya pada kantin sekolah, toko di sekitar, warkop, dan yang lainnya.

Baca juga: Cara Jadi Agen Saldo Dana Terbaru! Pasti Untung!

Sewa Kos

Bingung harus melakukan usaha sampingan apa, tapi punya bangunan atau lahan yang tidak terpakai. Tidak perlu khawatir, manfaatkan bangunan atau lahan tersebut untuk membuka kos.
Kos-kosan dapat menjadi peluang usaha sampingan yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga, karena Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, hanya perlu memantau kos Anda secara rutin, dan langsung memperoleh masukan dari orang-orang yang menyewa kos Anda.

Tanaman Hias

Punya kegemaran khusus yaitu mengoleksi tanaman hias? Manfaatkan itu sebagai usaha sampingan yang menjanjikan! Berbekal hobi dan pengetahuan mengenai tanaman hias, Anda dapat memulai usaha sampingan ini saat menjadi ibu rumah tangga.
Cukup dengan menyediakan beberapa area untuk lahan berjualan, lalu mulai tatalah tanaman-tanaman hias jualan Anda di area tersebut. Akan lebih baik, jika area yang menjadi tempat berjualan banyak dilewati orang, sehingga mudah bagi Anda untuk terjangkau dan melakukan promosi.

Agen PPOB

Tidak punya skill atau hobi khusus, tapi punya smartphone dan internet. Jangan bingung, lakukan saja bisnis agen PPOB untuk usaha sampingan Anda sebagai ibu rumah tangga.
Apa itu bisnis PPOB? Ini merupakan bisnis yang memungkinkan Anda untuk berjualan kebutuhan seperti pulsa, listrik, air, internet, dan yang lainnya. Anda dapat memulainya hanya dari rumah, dan tidak memerlukan banyak modal untuk menjalaninya. Tertarik untuk menjalanis bisnis satu ini? Tenang, akan kami jelaskan keuntungan dan cara menjalani bisnis agen PPOB ini.


Keuntungan Menjadi Agen PPOB untuk Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Apa saja keuntungan yang dapat diperoleh saat menjalankan bisnis PPOB ini? Pertama jelas, Anda memiliki fleksibilitas dalam mengelola bisnis Anda sendiri baik dari segi modal, waktu, dan tenaga. Kedua, bisnis ini sedang banyak dibutuhkan, karena tentu setiap orang memiliki kebutuhan rutin untuk membayar kebutuhan seperti internet, listrik, air, dan lainnya. Ketiga, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Bagaimana bisa?
Tentu bisa, jika Anda memilih vendor penyedia PPOB yang memberikan berbagai fasilitas promo menarik. Apakah ada vendor seperti itu? Tentu saja ada.
Kenalkan aplikasi Klikoo. Aplikasi ini telah banyak digunakan dan terbukti membantu para ibu rumah tangga dalam menjalankan usaha sampingan mereka. Dengan modal yang murah, namun memiliki berbagai fitur unggulan seperti kemudahan transaksi, kelengkapan kebutuhan pembayaran, dan promo cashback yang rutin tiap bulan, Klikoo dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.
Bagaimana cara daftarnya? Baca terus untuk menemukan jawabannya.

Cara Download Aplikasi dan Menjadi Agen PPOB Klikoo

Tertarik untuk melakukan usaha sampingan ibu rumah tangga sebagai agen PPOB bersama Klikoo? Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui cara download dan menjadi agen PPOB Klikoo.

Download Aplikasi di Play Store

Pertama, Anda perlu pergi ke play store untuk download aplikasi Klikoo. Ketik Klikoo pada kolom pencarian, dan klik install agar proses download dimulai. Atau Anda hanya perlu klik banner di bawah ini!

Lakukan Pendaftaran di Aplikasi

Setelah proses download selesai, Anda dapat mulai mendaftarkan diri, dengan menjawab pertanyaan yang dibutuhkan. Pastikan data diri yang dimasukkan sesuai dengan identitas diri Anda yang sebenarnya. Jika sudah mengisi semuanya, klik daftar dan tunggu proses verifikasi. Verifikasi biasanya akan dilakukan dalam 1x24 jam. Akan ada notifikasi jika verifikasi sudah selesai.

Mulai Menjadi Agen Klikoo

Setelah proses verifikasi selesai, tandanya Anda sudah dapat memulai bisnis PPOB Anda saat itu juga. Bagaimana caranya? Pilih transaksi yang dibutuhkan, seperti untuk pengisian pulsa, Anda dapat klik pada ikon pulsa. Kemudian masukkan nomor pelanggan, dan pilih nominal yang diinginkan. Setelah itu, bayar untuk menyelesaikan transaksi.

Sangat bervariasi bukan pilihan usaha sampingan untuk ibu rumah tangga? Anda tidak perlu khawatir lagi sekarang, karena berbagai peluang hadir di sekitar Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda. Tetap jaga kesehatan dan sampai jumpa di artikel lainnya.