Blog

10 Bisnis untuk Anak SMA dengan Modal Kecil

Tips Bisnis
rekomendasi-bisnis-untuk-anak-sma
Saat ini, menurut Liputan6 sudah banyak pelajar yang masih duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA) telah sukses dengan usaha yang mereka rintis sendiri dari nol, beberapa bahkan bisa mengumpulkan banyak uang dari hal tersebut. Jika digeluti dengan serius, bukan tidak mungkin kelak kamu bisa menjadi pebisnis yang handal di masa yang akan datang.

Selain harus pandai mengatur waktu, kamu juga harus memilih jenis bisnis yang tepat. Bukan hanya sekedar bisa menghasilkan uang, namun bisnis ini juga harus bisa berjalan beriringan dengan aktivitas sekolah yang kamu jalankan. Tentu, menjalankan sebuah bisnis sembari bersekolah tidak bisa dibilang mudah maupun susah, kamu perlu pandai pandai membagi waktu untuk belajar dan berbisnis, namun dengan ketekunan kedua hal itu bukanlah masalah yang besar.

Sebagai anak SMA tentunya kamu tidak memiliki modal yang besar untuk usaha, jadi akan lebih baik jika memulai usaha dari kecil kecilan terlebih dahulu. Lantas, apa saja rekomendasi bisnis untuk anak SMA? Mari simak deretannya di bawah ini.

Rekomendasi Bisnis untuk Anak SMA

Ada banyak sekali bisnis untuk anak SMA. Kebanyakan skala kecil tanpa modal yang bisa kamu coba dari rumah. Apalagi di era yang semakin modern ini, teknologi sudah berjalan semakin canggih dan memudahkan semua orang untuk menjalankan usaha dari jerih payah sendiri.

Karena tentunya, sebuah bisnis sebenarnya dapat dijalankan oleh semua orang, bukan hanya orang dewasa saja, bahkan siswa dari kalangan sekolah pun juga bisa melakukannya. Berikut beberapa bisnis untuk anak SMA dengan modal yang kecil atau bahkan bisa disebut tanpa modal.

1. Bisnis Online

Bisnis untuk anak SMA yang satu ini menjadi salah satu usaha yang paling praktis dan bisa dijalankan dengan fleksibel. Bisnis online memungkinkan kamu mengelola segala sesuatunya dengan mudah dari rumah, bahkan di sela-sela kesibukanmu sebagai anak sekolahan. Kamu bisa memilih jenis produk yang tepat, sehingga lebih mudah untuk dikelola dan dipasarkan.

2. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Hampir sama dengan bisnis online shop, kamu juga bisa mencoba menjadi seorang reseller atau dropshipper menjadi bisnis untuk anak SMA. Jika membuka bisnis online shop kamu harus menyetok barang terlebih dahulu, dengan menjadi reseller atau dropshipper, kamu hanya perlu mempromosikan kembali produk yang orang lain tawarkan. Mudah bukan? Tidak perlu mengeluarkan modal namun tetap bisa menghasilkan uang sendiri.

3. Penulis Freelance

Bisnis untuk anak SMA selanjutnya pas banget buat kamu yang hobi menulis, apalagi kalau uda banyak yang bilang tulisanmu bagus, yaitu menjadi penulis freelance. Terlebih saat ini sudah banyak sekali situs online yang mau membayar tulisanmu untuk ditayangkan sebagai konten. Misalnya satu artikelmu dihargai Rp50 ribu, jika kamu menulis satu hari satu, berarti dalam satu minggu kamu akan mendapatkan uang tambahan sebesar Rp350 ribu (Rp50 ribu x 7).

4. Content Creator

Bisnis untuk anak SMA yang bisa kamu lakukan adalah menjadi seorang content creator. Kamu suka membuat video dan memiliki kemampuan editing? Nah, bisa memanfaatkannya nih dengan menjadi content creator. Kamu bisa membuat konten video dengan tema-tema yang kamu sukai. Memang dengan memutuskan menjadi seorang content creator, kamu tak langsung mendapatkan hasil yang diinginkan, karena semua itu butuh waktu untuk dapat meraih views dan iklan yang banyak. Namun, jika kamu konsisten dan rajin membuat konten menarik, serta promosi, tentunya usahamu tersebut dapat memberikan hasil yang memuaskan.

5. Menjadi Fotografer

Bisnis untuk anak SMA ini cukup banyak dibutuhkan dalam berbagai bidang dan kegiatan di lingkungan sekitar. Karena umumnya, semua orang selalu mempunyai momen-momen penting yang ingin diabadikan sebagai dokumentasi. Jadi jika kamu memiliki keterampilan khusus dalam bidang ini, jangan ragu lagi untuk mencobanya ya. Lumayan kan kalau jepretanmu bagus, bisa dapat bayaran tambahan sekitar 500 ribu sampai 1 juta untuk jasa prewedding.

6. Membuka Les Privat

Bisnis untuk anak SMA selanjutnya adalah membuka les privat. Sebagai pelajar yang sudah duduk di bangku SMA, kamu bisa menjadi seorang guru les privat, dan rasanya juga cukup menarik untuk dicoba. Kamu bisa membuka tempat les khusus untuk siswa SD atau SMP bahkan juga TK tergantung dari bidang dan keterampilan yang kamu miliki. Jika di SMA mengambil jurusan IPA, kamu bisa memberikan les privat untuk pelajaran kimia, fisika, atau biologi.

7. Menjual Makanan

Bisnis untuk anak SMA ini lebih cocok untuk kamu yang pandai memasak. Kamu bisa menjual hasil masakan ke kantin sekolah ataupun menjualnya ke kelas-kelas. Makanan yang biasanya laku adalah seperti kue, bakmi, snack dan beberapa minuman seperti jus buah, dawet dan sebagainya.

8. Event Organizer (EO)

Membuat EO dalam skala kecil juga bisa menjadi bisnis untuk anak SMA sepertimu. Mulailah menangani acara yang kecil-kecil saja, seperti ulang tahun atau perayaan kecil lainnya. Kamu bisa menjalin kerja sama dengan orang lain atau bahkan teman-temanmu. Jika kamu serius menjalankan bisnis ini, dalam waktu yang singkat saja bisnis untuk anak SMA ini sudah bisa bertumbuh dan menjadi lebih besar dari sebelumnya. Memanfaatkan kreatifitas terbaikmu untuk mendapatkan lebih banyak klien, agar kamu bisa mendapatkan banyak uang.

9. Layanan Jasa Penerjemah Bahasa Asing

Perlu kamu ketahui bahwa bisnis untuk anak SMA seperti ini merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan akan memberi keuntungan yang sangat banyak bagi seseorang yang menjalan bisnis tersebut. Maka dengan peluang usaha seperti ini tentu sangat cocok sekali menjadi kerja sampingan anak sekolah seperti anda. Jangan terpuruk walaupun kamu masih anak sekolahan, buktikanlah bahwa kamu memang benar-benar ahli dalam berbahasa asing.

10. Menjadi Agen PPOB

Bisnis untuk anak SMA selanjutnya adalah menjadi agen PPOB. Payment Point Online Banking (PPOB) adalah bisnis dalam bidang jasa yang menawarkan untuk menerima pembayaran berbagai macam tagihan. Biasanya, tagihan yang bisa dibayar dengan jasa PPOB meliputi tagihan listrik, PDAM, pulsa, BPJS, dan lain sebagainya.

Bisnis PPOB bisa dilakukan dengan minim modal. Kamu cukup menyiapkan HP sebagai platform transaksi dan melakukan top up saldo awal. Karena cara kerjanya cukup fleksibel, agen PPOB bisa menjadi bisnis untuk anak SMA.


Menjadi Agen PPOB di Klikoo

Bisnis untuk anak SMA sebagai agen PPOB menjadi pilihan yang tepat. Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa mulai sekarang juga dengan menggunakan aplikasi Klikoo. Di Klikoo, kamu bisa menjual produk pulsa dan paket data, e-wallet (OVO, GoPay, DANA, ShopeePay), dan tagihan air & listrik.

Cara mendaftarnya pun cukup mudah dan cepat. Berikut langkah-langkahnya:

1. Mengunduh

Unduh Klikoo di ponsel melalui Google Play Store atau klik banner di bawah ini. Untuk sementara, saat ini Klikoo hanya tersedia untuk Android. Kamu bisa melakukan proses instalasi hingga selesai. 


2. Verifikasi

Buka aplikasi dan isikan data diri dengan benar. Kamu harus mengisi nama, nomor telepon, dan nomor ID lokal. Setelah itu, Tim Customer Support akan melakukan verifikasi akunmu.

3. Isi Saldo

Setelah akun terverifikasi, langkah selanjutnya adalah mengisi saldo. Di Klikoo, kamu bisa melakukan pengisian saldo minimal Rp10.000 melalui bank, virtual account, Alfamart , dan juga tim sales Klikoo.

4. Lakukan Transaksi

Jika saldo sudah terisi, kamu hanya memerlukan ID pelanggan untuk menyelesaikan transaksi dan bisa mulai berjualan.