Blog

3 Cara Top Up ShopeePay

PPOB
3-cara-top-up-shopeepay
Di tahun 2022, semakin banyak orang yang menggunakan e-wallet untuk melakukan transaksi pembayaran. Salah satu yang paling populer adalah ShopeePay. Dengan meningkatknya popularitas ShopeePay, maka cara top up ShopeePay kini juga semakin bervariasi. Bahkan, kalau melakukan top up melalui aplikasi Payment Point Online Banking (PPOB), hal ini bisa juga dimanfaat sebagai peluang bisnis top up ShopeePay.

Bisnis top up ShopeePay bisa dibilang cukup menjanjikan. Sebab, pengguna ShopeePay saat ini sudah sangat banyak. Dilansir CNBC Indonesia, per pertengahan tahun 2022, pengguna ShopeePay sudah mencapai 10 juta pengguna berbayar dari 51,5 juta pengguna aktif bulanan Shopee.

Dengan banyaknya pengguna ShopeePay, Anda bisa memanfaatkan cara top up ShopeePay lewat aplikasi PPOB sebagai peluang untuk memulai bisnis top up ShopeePay. Lantas, seperti apa cara mengisi saldo ShopeePay?

3 Cara Top Up ShopeePay

ShopeePay sudah menyediakan banyak pilihan cara top up ShopeePay yang beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Cara-cara tersebut mulai dari pengisian saldo lewat transfer bank, pengisian lewat Alfamart, hingga aplikasi PPOB. Berikut ini panduan cara top up ShopeePay dengan praktis dan mudah.

1. Cara Top Up ShopeePay dengan Mobile Banking

Cara top up ShopeePay yang paling umum dilakukan adalah melalui Mobile Banking. Rata-rata bank di Indonesia saat ini sudah menyediakan fitur Mobile Banking untuk setiap nasabahnya. Apapun rekening bank yang digunakan, pasti bisa dipakai untuk mengisi saldo ShopeePay. Sebagai contoh, berikut ini langkah-langkah pengisian saldo ShopeePay lewat aplikasi BCA Mobile.
  1. Masuk ke aplikasi BCA Mobile lalu cantumkan kode akses untuk login
  2. Pilih menu ‘m-Transfer’ di halaman utama aplikasi, lalu pilih menu ‘BCA Virtual Account’
  3. Masukkan kode virtual account ShopeePay, yaitu 122, diikuti dengan nomor telepon yang terdaftar di akun ShopeePay
  4. Cantumkan nominal saldo yang diinginkan untuk diisi. Saldo minimal untuk pengisian ShopeePay adalah Rp10 ribu
  5. BCA Mobile akan memperlihatkan data nomor telepon dan nama pengguna yang terdaftar di ShopeePay. Pastikan data sudah benar, lalu klik ‘OK’
  6. Masukkan PIN BCA Mobile untuk melakukan pembayaran dan transaksi pun sudah selesai

Nantinya, begitu transaksi pengisian saldo selesai dilakukan, BCA Mobile akan memunculkan notifikasi yang menyatakan bahwa transaksi berhasil. ShopeePay juga akan secara otomatis memberikan notifikasi yang menyatakan bahwa pengisian saldo sudah diterima dengan baik.

2. Cara Top Up ShopeePay di Alfamart

Berikutnya, cara top up ShopeePay juga bisa dilakukan di Alfamart. Cara ini cocok apabila pengisian saldo secara online tidak memungkinkan untuk dilakukan. Berikut ini langkah-langkahnya.
  1. Masuk ke aplikasi Shopee, lalu masuk ke menu ShopeePay
  2. Pilih opsi ‘Isi Saldo’ lalu pilih metode pembayaran dengan ‘Alfamart/Alfamidi/Dan+Dan’
  3. Aplikasi akan secara otomatis menampilkan nomor telepon terdaftar. Jika sudah benar, pilih ‘OK’
  4. Datangi gerai Alfamart terdekat, lalu sampaikan pada kasir bahwa akan melakukan isi ulang atau top up ShopeePay
  5. Informasikan nomor telepon terdaftar ke kasir
  6. Beritahu nominal top up yang akan dilakukan. Pilihan nominal saldo yang tersedia adalah Rp10 ribu, Rp50 ribu, Rp100 ribu, Rp200 ribu, Rp300 ribu, Rp400 ribu dan Rp500 ribu
  7. Lakukan pembayaran ke kasir lalu kasir Alfamart akan melakukan pengisian saldo

Jika transaksi selesai, ShopeePay akan memberikan notifikasi otomatis yang memberitahukan bahwa pengisian saldo baru saja dilakukan. Kasir Alfamart juga akan memberikan struk bukti pembayaran telah selesai dilakukan.

3. Cara Top Up ShopeePay dengan Aplikasi PPOB Klikoo

Cara top up ShopeePay juga bisa dilakukan lewat aplikasi PPOB. Pengisian lewat aplikasi PPOB ini juga bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis top up ShopeePay. PPOB sendiri merupakan aplikasi pembayaran tagihan yang sudah terkoneksi dengan berbagai bank, sehingga memudahkan saat akan melakukan pembayaran tagihan maupun top up.


Salah satu aplikasi PPOB yang bisa digunakan untuk bisnis top up ShopeePay adalah Klikoo. Untuk cara top up ShopeePay dengan Klikoo, Anda bisa menerapkan langkah-langkah berikut ini.
  1. Unduh aplikasi Klikoo di Google Play Store atau dengan klik di sini dan registrasi akun
  2. Setelah akun terverifikasi, login ke akun terdaftar dengan nomor telepon
  3. Di halaman utama, akan terlihat nominal saldo Klikoo saat itu. Lakukan pengisian saldo Klikoo sebelum melakukan cara top up ShopeePay
  4. Pengisian saldo Klikoo bisa dilakukan melalui transfer bank. Pilih bank yang akan digunakan dan cantumkan nominal saldo yang diinginkan
  5. Jika saldo Klikoo sudah terisi, pilih menu ‘E-Wallet’ lalu pilih ShopeePay
  6. Di kolom yang tersedia, cantumkan nomor telepon yang terdaftar ke akun ShopeePay
  7. Pilih nominal saldo yang akan diisi, lalu lanjutkan instruksi selanjutnya

Nantinya, pembayaran untuk mengisi saldo ShopeePay akan dipotong dari saldo Klikoo yang sudah diisi terlebih dahulu di awal. Jadi, tidak perlu lagi melakukan pembayaran lewat transfer bank. Mudah, bukan?

Baca juga: Cara Top Up M-Tix dan Prospek Bisnis Top Up Saldonya!


Karena cara top up ShopeePay lewat Klikoo sangat mudah, maka bisa dimanfaatkan untuk bisnis top up ShopeePay. Jika ada pengguna ShopeePay yang kesulitan untuk melakukan top up saldo, Anda bisa menawarkan jasa pengisian saldo dan nantinya pengisian saldo tersebut bisa dilakukan lewat aplikasi Klikoo yang Anda miliki. Nantinya, Anda akan mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang dilakukan di akun Klikoo Anda.

Bukan cuma cara top up ShopeePay, Klikoo juga menyediakan layanan top up untuk E-Wallet lainnya. Jadi, Anda juga bisa menawarkan jasa pengisian saldo E-Wallet lain, seperti LinkAja, Maxim Driver, GoPay Driver, ShopeePay Driver, M-Tix, dan lain sebagainya.