Laporan keuangan merupakan dokumen penting dalam menjalankan bisnis, termasuk usaha PPOB (Payment Point Online Banking). Simak artikel ini untuk mengetahui cara membuat laporan keuangan untuk usaha PPOB.
Apa itu laporan keuangan?
Laporan keuangan adalah dokumen yang berisi segala informasi keuangan mulai dari pendapatan, biaya, laba, rugi, aset, hingga utang dalam periode tertentu.
Laporan keuangan yang disusun dengan baik dapat membantu bisnis berkembang. Laporan keuangan memudahkan pemilik usaha untuk menganalisis performa bisnis dan membantu mengambil keputusan yang tepat.
Pada usaha PPOB, laporan keuangan umumnya berisi informasi mengenai modal, penjualan, hingga keuntungan usaha. Laporan keuangan dibuat secara berkala seperti harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.
Setelah mendata modal, pengeluaran, dan pemasukan, buatlah perhitungan laba dan rugi. Laporan ini dapat menentukan apakah usaha mendapatkan keuntungan atau mengalami kerugian.
5. Analisis laporan keuangan
Bagian terpenting dalam laporan keuangan adalah melakukan analisis. Analisis laporan keuangan membantu mengetahui permasalahan yang terjadi dalam bisnis.
Misalnya, mengetahui pengeluaran yang tidak wajar dalam bisnis. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui produk yang paling banyak laku. Strategi bisnis dapat diambil berdasarkan laporan keuangan ini.
Untuk memudahkan pembuatan laporan keuangan bisnis PPOB, kamu bisa menggunakan aplikasi Klikoo.
Klikoo adalah aplikasi PPOB yang menyediakan berbagai produk digital terlengkap dengan harga termurah. Download aplikasi Klikoo di sini.
Itulah cara membuat laporan keuangan usaha PPOB dengan mudah. Simak juga tips dan informasi lainnya di Blog Klikoo.