Blog

Hal Yang Wajib Dihindari Ketika Jual Pulsa

Tips Bisnis PPOB
hal-yang-wajib-dihindari-ketika-bisnis-jual-pulsa-agar-untung
Pengguna telepon seluler semakin bertambah setiap hari, bahkan satu orang bisa memiliki lebih dari satu gadget. Untuk memenuhi kebutuhan komunikasi gadget tersebut membutuhkan pulsa dan paket internet. Baik dalam bentuk prabayar atau pascabayar. Banyaknya konsumen pulsa dan paket internet ini merupakan peluang bisnis yang menguntungkan. Tidak hanya sebagai penghasilan tambahan, jika digeluti dengan serius bukan tidak mungkin untuk dijadikan bisnis utama.

Meskipun pulsa termasuk produk yang akan selalu ada konsumennya, namun bukan berati tidak ada tantangan. Setiap bisnis memiliki tantangannya sendiri. Banyak yang memulai bisnis pulsa dengan meremehkan bisnis ini. Dianggap bisnis kecil dan sambilan yang dijalankan seadanya. Pola pikir seperti ini akan menghambat perkembangan bisnismu dan sulit meningkatkan keuntungan. Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi bisnis kamu. Berikut ini adalah hal yang harus dihindari ketika bisnis jual pulsa.

Hal Yang Harus Dihindari Ketika Bisnis Jual Pulsa

Hindari saat jual pulsa melakukan kesalahan-kesalahan berikut ini. Berbisnis tentu saja tujuannya adalah menddapatkan keuntungan. Jika terlalu banyak kesalahan, bisnismu justru bisa merugi dan mengalami kegagalan.

1. Harga Terlalu Tinggi

Jika dilihat dari keuntungan setiap transaksi memang akan terasa kecil. Namun jangan menjadikan hal ini alasan untuk memasang harga terlalu tinggi. Agar mendapatkan keuntungan lebih besar. Dikutip dari Payfazz memasang harga terlalu tinggi adalah hal yang harus dihindari ketika bisnis jual pulsa. Bahkan jika kompetitormu sedikit, tetap tidak bijaksana jika harga yang dipasang terlalu tinggi dari harga pasar. Pelanggan bisa kecewa dan tidak kembali lagi karena masalah harga yang tidak sesuai. Lebih baik menggunakan harga wajar namun pelanggan kembali lagi dan semakin banyak. Keuntunganmu juga akan semakin banyak.

2. Harga Terlalu Rendah

Ada saja pebisnis yang mematok harga terlalu rendah dengan alasan supaya banyak pembeli. Juga karena supaya bisa bersaing dengan kompetitor. Ini juga hal yang harus dihindari ketika bisnis jual pulsa. Harga yang lebih rendah dari pasar justru akan membawa kerugian dalam jangka panjang. Harga terlalu rendah bisa merusak pasar dan lama-kelamaan akan berpengaruh buruk pada bisnismu. Karena kurang sesuai antara pendapatan dan modal yang sudah dikeluarga. Lebih baik memberikan harga wajar saja.

3. Membiarkan Konsumen Berhutang

Memberikan bon kepada tetangga yang hanya membeli pulsa Rp 10.000 rupiah rasanya seperti tidak akan mendatangkan masalah. Tetapi kebiasaan memberikan bon ini bisa menghambat perkembangan bisnismu. Memberikan hutang atau bon termasuk hal yang harus dihindari ketika bisnis jual pulsa. Terutama jika semakin banyak konsumen yang minta bon. Bisnis pulsa kuncinya adalah memutar modal dengan cepat agar semakin banyak keuntungan. Apalagi kalau bisnismu baru dan bermodal kecil. Adanya konsumen yang berhutang membuat modal macet dan meyusahkan dirimu sendiri. Tidak perlu sungkan untuk menolak dengan baik jika ada konsumen yang ingin berhutang.

4. Tidak Melakukan Promosi

Jangan berfikir hanya menjual pulsa dan internet maka kamu tidak melakukan promosi. Karena promosi sangat penting agar kamu dikenal lebih banyak orang dan mendatangkan konsumen. Terlebih lagi promosi jaman sekarang semakin mudah dilakukan. Misalnya dengan promosi offline membuat banner di tempat kamu berjualan. Lengkapi dengan promosi online menggunakan media sosial atau blas pesan melalui Whatsapp. Belajarlah bagaimana membuat konten promosi yang menarik. Hindari saat jual pulsa dengan mengandalkan konsumen datang sendiri.

5. Promosi Berlebihan dan Tidak Sesuai Kenyataan

Ketika menjalankan bisnis, kamu harus jujur dan tidak berlebihan melakukan promosi. Apa yang sudah dijanjikan saat promosi atau iklan, maka itulah yang akan didapatkan oleh konsumen. Jangan memberikan janji-janji menggiurkan dengan syarat yang sulit. Degan tujuan hanya sebatas promosi dan mendatangkan konsumen baru. Hal ini akan membuat citra bisnismu menjadi buruk. Untuk itu hal yang harus dihindari ketika bisnis jual pulsa adalah memberikan promosi berlebihan.

Baca juga: Cara Menghitung Keuntungan Jual Pulsa! Mudah Banget Pakai Cara Ini!


6. Tidak Memberikan Pelayanan Terbaik

Meskipun hanya menjual pulsa sebagai sumber penghasilan tambahan dan masih kecil, memberikan pelayanan terbaik adalah keharusan. Kamu harus melayani konsumen dengan ramah dan selalu memberikan terbaik. Terutama jika mendapatkan pertanyaan bahkan kritik secara langsung atau melalui media sosial. Selalu tanggapi dengan sopan dan jadikan sebagai bahan evaluasi. Hindari saat jual pulsa melayani dengan asal-asalan dan tidak ramah, konsumen bisa malas membeli pulsa darimu.

7. Memilih Agen Pulsa yang Tidak terpercaya

Memilih agen secara sembarang bisa berakibat buruk bagi bisnismu. Misalnya, agen yang kamu pilih sering mengalami kendala dan terlambat mengirim pulsa. Hal ini menyebabkan pelanggan tidak nyaman dan tidak kembali membeli pulsa lagi. Untuk itu berhati-hatilah ketika menjalin Kerjasama dengan agen pulsa. Agen yang tidak terpercaya adalah hal yang harus dihindari ketika bisnis jual pulsa.

8. Catatan Keuangan Tidak Rapi

Meskipun bisnismu masih kecil jangan malas untuk mencatat modal dan setiap transaksi yang terjadi. Jika catatannya tidak rapi, sulit untuk mengetahui keuntungan yang kamu dapat. Selanjutnya kamu juga akan sulit menentukan berapa modal yang akan digunakan selanjutnya. Catatan keuangan juga berfungsi untuk mengetahui berapa jumlah uang yang kamu miliki. Jangan sampai uang untuk bisnis tercampur dengan uang pribadi. Harus terpisah agar kamu tidak tergiur menggunakan uang bisnis untuk keperluan pribadi. Hindari saat jual pulsa mencampurkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi.

Itulah beberapa hal yang harus dihindari ketika bisnis jual pulsa. Agar bisnismu lancar gunakan agen pulsa terpercaya seperti Klikoo. Melalui satu aplikasi ini kamu bisa melayani pembelian pulsa dari berbagai provider, termasuk paket internetnya. Klikoo tidak hanya bisa digunakan untuk menjual pulsa. Dalam satu aplikasi kamu juga bisa menjual berbagai macam token dan membayar tagihan. Misalnya menjual token listrik, membayar tagihan PLN, BPJS, PDAM dan masih banyak lagi. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk memulai bisnismu. Karena kamu suda tahu hal yang harus dihindari ketika bisnis jual pulsa dan mengetahui agen pulsa yang terpercaya.