Blog

Tips Menjadi Agen Pembayaran PDAM, Pertimbangkan Pakai PPOB

Salah satu peluang bisnis yang cukup menguntungkan saat ini adalah bisnis agen pembayaran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Dengan menjadi seorang agen, Anda bisa membantu pelanggan dalam membayar tagihan PDAM secara berkala secara online. Supaya sukses menjadi seorang agen, sebaiknya ketahui dulu apa saja tips menjadi agen pembayaran PDAM, khususnya untuk pebisnis pemula.

Tujuan utama dari keberadaan agen pembayaran PDAM adalah membantu pelanggan PDAM dalam membayar tagihan bulanan. Biasanya, pembayaran tagihan bisa dilakukan dengan mendatangi loket maupun secara online.


Akan tetapi, bagi pelanggan yang tinggal di daerah pedesaan dan jauh dari akses ke ATM maupun internet, maka pelanggan bisa menggunakan jasa agen untuk membantu mereka dalam membayar tagihan tersebut.

Tips menjadi agen pembayaran PDAM yang sukses

Siapa saja bisa jadi agen pembayaran PDAM tanpa syarat yang rumit. Agar Anda bisa lebih sukses dan unggul dibandingkan dengan agen-agen lainnya, ketahui tips menjadi agen pembayaran PDAM berikut ini.

1. Pelajari tentang PPOB
Tips menjadi agen pembayaran PDAM bisa dimulai dengan mendalami tentang Payment Point Online Banking (PPOB). PPOB merupakan penyedia layanan pembayaran tagihan berbasis online. Penyedia PPOB sudah bekerja sama dengan sejumlah bank agar proses pembayaran tagihan bisa dilakukan secara praktis lewat satu aplikasi.
Sebagai agen pembayaran PDAM, Anda perlu menggunakan PPOB agar transaksi pembayaran tagihan bisa dilakukan secara real time dan cepat. Jika saat ini Anda belum familiar dengan PPOB, coba pelajari lebih dulu tentang layanan ini.

2. Bijak memilih aplikasi PPOB
Tips menjadi agen pembayaran PDAM yang kedua adalah bijak memilih aplikasi PPOB untuk menunjang bisnis. Saat ini, sudah ada beberapa aplikasi PPOB yang bisa diakses melalui smartphone.
Pilihlah aplikasi yang paling bisa dipercaya, dilihat dari testimoni agen-agen lain yang sudah pernah menggunakan aplikasi tersebut sebelumnya serta adanya verifikasi. Selain itu, supaya transaksi nantinya jadi lebih mudah, pilihlah PPOB yang sudah bekerja sama dengan banyak pilihan bank.

3. Siapkan modal awal
Tips menjadi agen pembayaran PDAM yang berikutnya adalah mempersiapkan modal. Hitung dulu berapa estimasi modal yang akan dibutuhkan, lalu siapkan modal tersebut.
Untungnya, untuk menjadi agen pembayaran PDAM, tidak diperlukan modal yang terlalu besar. Selama Anda memiliki gadget seperti smartphone serta akses internet, bisnis ini bisa langsung dijalankan. Kira-kira, modal yang perlu dikeluarkan hanya sekitar Rp50 ribu sampai Rp100 ribuan per bulan untuk membeli paket data internet.

4. Bangun hubungan baik dengan pelanggan
Tips menjadi agen pembayaran PDAM yang juga tak kalah penting adalah membangun hubungan baik dengan pelanggan. Sebagai seorang agen pembayaran, pemasukan Anda akan sangat bergantung pada seberapa banyak pelanggan PDAM yang menggunakan jasa Anda.
Keuntungan dari bisnis ini didapat dengan sistem komisi. Setiap ada pelanggan yang menggunakan jasa agen pembayaran, maka agen tersebut akan mendapat komisi dari transaksi yang dilakukan. Karena itu, semakin banyak pelanggan yang didapat, akan semakin besar juga komisinya.
Untuk bisa menjangkau banyak pelanggan, diperlukan keterampilan yang baik dalam membangun hubungan. Buatlah pelanggan loyal kepada jasa Anda dengan rutin berkomunikasi, baik secara langsung maupun melalui media sosial. Bisa juga dengan memberikan promosi atau bonus, misalnya gratis biaya jasa setelah melakukan transaksi sampai sepuluh kali.

5. Perluas layanan
Hal terakhir yang perlu diingat sebagai tips menjadi agen pembayaran PDAM adalah memperluas layanan yang disediakan. Kalau awalnya Anda memulai hanya sebagai agen pembayaran PDAM, cobalah untuk menambahkan layanan lain, seperti pembayaran tagihan listrik, tagihan BPJS, pulsa, paket data, dan lain sebagainya.
Hal ini bisa menjadi peluang untuk menambah pelanggan sekaligus komisi yang didapat. Pelanggan bisa menghubungi Anda setiap kali akan membayar tagihan apapun, tidak hanya tagihan PDAM saja. Otomatis, komisi yang didapat pun akan semakin banyak dari pembayaran tagihan-tagihan lain di luar PDAM.

Mulai bisnis agen pembayaran PDAM dengan Klikoo


Di atas sudah dijelaskan bahwa salah satu tips menjadi agen pembayaran PDAM adalah bijak dalam memilih aplikasi PPOB. Salah satu layanan PPOB yang bisa dipercaya adalah Klikoo.
Lewat Klikoo, Anda bisa melakukan transaksi untuk membayar berbagai jenis tagihan secara online, termasuk tagihan PDAM. Berikut ini tips menjadi agen pembayaran PDAM dengan memanfaatkan Klikoo.

1. Unduh aplikasi Klikoo
Saat ini, aplikasi Klikoo tersedia di Google Play Store untuk pengguna smartphone berbasis Android. Unduh aplikasi tersebut (di sini) agar bisa digunakan untuk menunjang bisnis agen pembayaran PDAM.

2. Mendaftar akun Klikoo
Jika aplikasi sudah terunduh, kini saatnya untuk mendaftar atau membuat akun. Caranya dengan mencantumkan data diri seperti nama, nomor telepon, email, serta password akun. Setelah mendaftar, akun tidak akan langsung aktif. Akun baru benar-benar bisa digunakan jika sudah melalui proses verifikasi dengan Tim Customer Support Klikoo.

3. Verifikasi akun
Seperti yang dijelaskan di bagian tips menjadi agen pembayaran PDAM, salah satu ciri aplikasi PPOB yang tepercaya adalah adanya verifikasi akun. Untuk bisa melakukan verifikasi, Anda bisa menekan opsi ‘Verifikasi’ yang bisa ditemukan pada homepage aplikasi Klikoo.
Anda akan diminta untuk memasukkan data lengkap berupa nomor KTP, alamat, dan tanggal lahir. Pastikan data yang dimasukkan sudah benar dan tidak ada kesalahan. Setelah itu lanjut ke tahap selfie wajah sambil memegang KTP. Setelah itu, pilih opsi ‘Simpan’ dan tunggu sampai verifikasi selesai dalam waktu 1 x 24 jam.
Jika data yang dicantumkan sudah terbukti benar, maka akun yang sudah diverifikasi bisa langsung digunakan. Tapi, kalau masih ada kesalahan data, Anda akan diminta untuk memperbaiki data tersebut dan melakukan verifikasi ulang.

4. Mulai isi saldo
Di tahap ini, akun Klikoo milik Anda sudah bisa digunakan. Tapi untuk menggunakannya Anda perlu mengisi saldo terlebih dahulu. Saldo ini nantinya akan dipakai untuk membayar tagihan. Nominal saldo akan berkurang secara otomatis setiap kali transaksi pembayaran tagihan dilakukan.
Seperti yang dijelaskan pada bagian tips menjadi agen pembayaran PDAM, PPOB yang baik adalah PPOB yang sudah menyediakan opsi pembayaran dari banyak pilihan bank. Untungnya, di Klikoo Anda bisa melakukan top up atau pengisian saldo dengan banyak opsi pembayaran.

5. Bayar tagihan PDAM lewat Klikoo
Tahap terakhir adalah langsung melakukan transaksi, yaitu membayar tagihan PDAM. Pembayaran bisa dilakukan tanpa proses yang rumit, cukup dengan mencantumkan ID Pelanggan PDAM saja. Nantinya, saldo Klikoo akan terpotong setelah pembayaran dilakukan.
Seperti yang sebelumnya sempat dibahas pada bagian tips menjadi agen pembayaran PDAM, akan lebih baik jika Anda memperluas jasa yang ditawarkan, tidak hanya jasa pembayaran tagihan PDAM saja. Anda juga bisa menggunakan Klikoo untuk menambah layanan lain karena Klikoo juga menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik, air, BPJS Kesehatan, dan lain sebagainya.
Itulah informasi seputar tips menjadi agen pembayaran PDAM serta cara menggunakan Klikoo untuk mendukung bisnis tersebut. Lakukan tips-tips di atas jika ingin sukses memulai bisnis sebagai agen pembayaran PDAM.