Blog

Seperti Apa Prospek dan Keuntungan Usaha Pembayaran PDAM?

PPOB
Setiap keluarga pasti punya kebutuhan berupa pengeluaran rumah tangga setiap bulannya. Pengeluaran rumah tangga yang dimaksud mencakup biaya tagihan listrik, tagihan air, tagihan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), dan sebagainya. Adanya kebutuhan tersebut bisa memberikan peluang baru serta keuntungan usaha pembayaran PDAM.
Tidak semua pelanggan PDAM bisa membayar tagihan secara langsung karena adanya keterbatasan jarak serta akses internet. Di sinilah peran agen pembayaran PDAM, yaitu untuk memberikan jasa untuk membayar tagihan tersebut. Nantinya, agen akan mendapatkan komisi dari setiap transaksi pembayaran tagihan yang dilakukan.

Keuntungan usaha pembayaran PDAM

Bisnis pembayaran PDAM memiliki prospek yang menarik. Ada banyak keuntungan usaha pembayaran PDAM yang bisa dirasakan, contohnya seperti berikut ini.

1. Tidak butuh modal yang besar
Untuk bisa memulai usaha pembayaran PDAM tidak diperlukan modal yang besar. Bisnis ini bisa dijalankan dengan memanfaatkan Payment Point Online Banking (PPOB), yaitu penyedia layanan pembayaran tagihan online yang telah terintegrasi dengan berbagai bank. Selama Anda punya smartphone dan akses internet, maka bisnis ini bisa langsung dijalankan.
Modal yang dibutuhkan hanyalah modal untuk membeli paket data internet setiap bulannya. Setiap provider menetapkan harga paket data yang berbeda, tapi umumnya berkisar antara Rp50 ribu sampai Rp100 ribuan saja.

2. Cara kerja bisnis yang fleksibel
Keuntungan usaha pembayaran PDAM yang lainnya adalah sistem bisnisnya yang tergolong fleksibel. Anda tidak harus punya lokasi toko secara fisik untuk memulai bisnis ini. Semua proses transaksi dan promosi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja secara online.
Anda juga tidak harus berkunjung ke rumah-rumah untuk mencari pelanggan. Cukup dengan menawarkan jasa ke nomor kontak yang sudah ada atau ke tetangga dan teman dekat.
Karena fleksibel, bisnis ini juga bisa dijalankan oleh pebisnis yang sudah punya pekerjaan utama lain, misalnya bekerja sebagai karyawan kantoran. Bisnis pembayaran PDAM ini bisa dimanfaatkan sebagai pemasukan sampingan.

3. Tidak ada syarat yang rumit
Kalau memulai bisnis besar, biasanya Anda perlu mengajukan izin usaha terlebih dahulu. Izin usaha baru akan disetujui kalau sudah memenuhi persyaratan tertentu. Hal ini lebih rumit dan kurang bisa diterapkan oleh pebisnis pemula. Tapi, tidak demikian dengan bisnis pembayaran PDAM.
Keuntungan usaha pembayaran PDAM yang lainnya adalah proses untuk memulai bisnis yang sederhana tanpa harus mengajukan izin usaha tertentu maupun memenuhi persyaratan lain. Anda juga tidak perlu repot-repot mencari supplier untuk stok barang seperti saat berbisnis produk baju, kosmetik, dan sebagainya.

Seperti apa prospek bisnis pembayaran PDAM?

Memang ada banyak keuntungan usaha pembayaran PDAM. Namun, apakah bisnis ini memang memiliki prospek yang baik untuk dijalankan dalam jangka waktu yang panjang?
Bila diperhatikan, prospek bisnis pembayaran PDAM sebenarnya sangatlah menjanjikan. Mengapa? Berikut ini beberapa alasannya.

1. Tidak semua orang bisa pakai internet
Meskipun zaman sudah maju dan segala aktivitas lebih banyak dilakukan secara online, tapi kenyataannya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum bisa menggunakan internet. Khususnya masyarakat dalam generasi usia yang lebih tua serta orang-orang yang tinggal di wilayah pedesaan dan jauh dari akses internet yang lancar.
Oleh sebab itu, ini juga bisa menjadi salah satu keuntungan usaha pembayaran PDAM. Anda bisa menargetkan pelanggan dari usia yang lebih tua serta pelanggan di wilayah yang jauh dari kota besar. Jasa Anda bisa digunakan untuk membantu mereka dalam melakukan pembayaran tagihan PDAM dengan lebih mudah.

2. Pengguna PDAM di Indonesia cukup besar
Hampir semua masyarakat Indonesia masih mengandalkan air bersih dari PDAM. Sebagai unit usaha milik pemerintah, PDAM sangat diandalkan untuk mendapatkan air bersih. Karena itu, hampir seluruh masyarakat pasti mendapatkan tagihan PDAM secara rutin setiap bulannya.
Ini bisa menjadi prospek serta keuntungan usaha pembayaran PDAM. Target pelanggan bisnis pembayaran PDAM cukup besar, karena pengguna PDAM di Indonesia juga sangat banyak, baik di kota besar maupun di daerah.

Memulai usaha pembayaran PDAM dengan Klikoo


Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa untuk mendapatkan keuntungan usaha pembayaran PDAM dengan modal kecil, Anda akan membutuhkan layanan PPOB. Saat ini, salah satu PPOB yang bisa digunakan untuk memulai bisnis ini adalah Klikoo.

Dengan Klikoo, Anda bisa melakukan pembayaran tagihan secara online dengan lebih praktis, termasuk tagihan PDAM. Berikut ini panduan menggunakan Klikoo: 
1. Unduh aplikasi Klikoo dan lakukan pendaftaran
Langkah pertama, unduh aplikasi Klikoo terlebih dahulu atau klik di sini. Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play Store yang bisa didapatkan oleh pengguna smartphone berbasis Android. Setelah itu, lakukan pendaftaran akun. Pendaftaran akun bisa dilakukan dengan mencantumkan nama, nomor telepon, email, serta password yang akan digunakan untuk akun tersebut.

2. Proses verifikasi
Selesai mendaftar, akun tidak akan bisa langsung digunakan. Diperlukan proses verifikasi akun terlebih dahulu. Segera lakukan verifikasi akun Klikoo jika ingin bisa memulai bisnis dan mendapat keuntungan usaha pembayaran PDAM dengan lebih cepat.
Pada homepage, pilih menu ‘Verifikasi’. Kemudian isi dengan lengkap data berupa nomor KTP, alamat, dan tanggal lahir. Data yang dicantumkan haruslah benar dan lengkap, tidak boleh ada kesalahan supaya proses verifikasi berlangsung dengan lancar.
Lalu, Anda akan diminta untuk melakukan selfie sambil memegang KTP. Jika selfie sudah selesai, pilih opsi ‘Simpan’ dan tunggu proses verifikasi selesai. Proses verifikasi ini akan memakan waktu sekitar 1 x 24 jam.

3. Lakukan transaksi pembayaran tagihan
Jika akun sudah terverifikasi, Anda bisa langsung memulai bisnis dan merasakan keuntungan usaha pembayaran PDAM. Lakukan pembayaran tagihan PDAM lewat aplikasi Klikoo dengan memasukkan ID pelanggan.
Sebelumnya, pastikan saldo Klikoo sudah terisi. Anda bisa mengisi saldo melalui berbagai jenis pilihan bank yang tersedia. Saldo akan digunakan sebagai dana untuk membayar tagihan. Begitu tagihan sudah terbayarkan, saldo akan otomatis terpotong.
Supaya bisa mendapatkan keuntungan usaha pembayaran PDAM secara maksimal, sebaiknya jangkaulah pelanggan sebanyak mungkin. Sebagai penyedia jasa pembayaran PDAM, Anda akan mengandalkan keuntungan yang didapat dari komisi.
Komisi itu didapat setiap kali ada pelanggan yang menggunakan jasa Anda untuk melakukan pembayaran tagihan PDAM. Karena itu, semakin banyak pelanggan yang menggunakan jasa Anda, akan semakin besar juga keuntungan usaha pembayaran PDAM yang didapat.