Blog

Cocok untuk Pemula, Begini Cara Menjadi Agen Pembayaran PDAM

PPOB
cara-menjadi-agen-pembayaran-pdam
Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti membayar tagihan air minum secara rutin ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Rutinitas ini sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk memulai peluang bisnis baru, yaitu bisnis pembayaran tagihan PDAM. Anda pun bisa memulai bisnis ini selama tahu cara menjadi agen pembayaran PDAM yang tepat.

Di lansir Kompas, di daerah pedesaan dengan akses internet dan ATM yang terbatas, keberadaan agen pembayaran PDAM sangatlah berguna. Karena, agen bisa membantu pelanggan untuk melakukan pembayaran secara online. Lantas, bagaimana cara menjadi agen pembayaran PDAM?

Cara menjadi agen pembayaran PDAM

Siapa saja bisa menjadi agen pembayaran PDAM dengan mudah. Sebagai panduan awal, coba ikuti cara menjadi agen pembayaran PDAM berikut ini.

1. Perhitungkan modal awal terlebih dahulu
Penting untuk mempersiapkan modal dalam jumlah yang memadai agar bisnis berjalan lancar. Untungnya, untuk menjadi seorang agen pembayaran PDAM, tidak dibutuhkan modal bisnis yang besar. Selama Anda punya gadget seperti smartphone atau laptop, Anda bisa langsung menjadi agen.

Modal yang perlu dikeluarkan hanyalah modal untuk membeli paket data internet. Biasanya, dalam sebulan paket data internet berkisar mulai dari Rp50 ribu sampai dengan Rp100 ribuan. Tidak diperlukan modal untuk transportasi ke loket pembayaran PDAM, karena transaksi pembayaran bisa dilakukan secara online.

2. Mendaftar ke layanan PPOB
Payment Point Online Banking (PPOB) adalah penyedia layanan pembayaran tagihan secara online yang sudah bekerja sama dengan sejumlah bank. Tagihan bulanan seperti tagihan PDAM bisa dibayarkan lewat layanan PPOB semacam ini. Nantinya, agen pembayaran hanya perlu mewakili pelanggan untuk membayar tagihan mereka lewat aplikasi PPOB.

Ada banyak aplikasi PPOB yang saat ini sudah tersedia di Indonesia. Salah satu yang tepercaya adalah Klikoo. Cara menjadi agen pembayaran PDAM lewat Klikoo adalah mendaftar dan membuat akun di aplikasi Klikoo terlebih dahulu, lalu bisa langsung melakukan transaksi pembayaran.

3. Cari pelanggan
Cara menjadi agen pembayaran PDAM yang sukses adalah mencari pelanggan sebanyak-banyaknya. Anda bisa menargetkan pelanggan individu maupun pelanggan yang menggunakan PDAM untuk keperluan bisnis atau warung mereka. Tawarkan layanan pembayaran online kepada mereka, sehingga mereka tidak perlu repot-repot mendatangi loket PDAM secara langsung untuk membayar tagihan.

Nantinya, Anda akan mendapatkan komisi dari setiap pelanggan yang melakukan pembayaran melalui jasa Anda. Besaran komisi berbeda-beda, tergantung aplikasi PPOB yang dipilih. Semakin banyak pelanggan yang melakukan pembayaran lewat jasa Anda, tentu penghasilan Anda akan semakin besar.

Baca juga: Cara Menjadi Agen Saldo Gopay! Untung Banget!


Apakah Bisnis Agen Pembayaran PDAM Menguntungkan?

Jika saat ini Anda ingin memulai bisnis yang sederhana, praktis, dan tidak memerlukan modal besar, maka menjadi agen pembayaran PDAM sangatlah menguntungkan selama Anda memahami cara menjadi agen pembayaran PDAM yang tepat.

Seperti yang dijelaskan di atas, keuntungan dari agen pembayaran PDAM didapat dari komisi. Semakin banyak pembayaran yang dilakukan melalui jasa seorang agen, akan semakin besar juga komisi yang didapatkan. Oleh sebab itu, penting bagi agen untuk mencari pelanggan sebanyak-banyaknya.

Hal lain yang menjadi kelebihan dari bisnis ini adalah jam kerja yang fleksibel, sehingga cocok dikerjakan oleh pebisnis yang ingin menjadi agen pembayaran sebagai pekerjaan sampingan. Komisi yang didapat bisa menjadi pemasukan tambahan di samping bisnis utama yang sudah dijalankan sehari-hari.

Ditambah lagi, cara menjadi agen pembayaran PDAM tidaklah memerlukan modal yang besar. Pebisnis pemula yang memiliki modal terbatas juga bisa menjalankan bisnis ini, selama memiliki smartphone dan internet untuk mengakses aplikasi PPOB.

Cara Menjadi Agen Pembayaran PDAM Bersama Aplikasi Klikoo

Sebagai penyedia layanan PPOB, Klikoo juga bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis sebagai agen pembayaran PDAM. Berikut ini cara menjadi agen pembayaran PDAM melalui Klikoo.


1. Unduh Aplikasi Klikoo
Pertama-tama, unduh atau download aplikasi Klikoo terlebih dahulu di sini. Saat ini, aplikasi Klikoo bisa didapatkan melalui Google Play Store atau klik banner di atas untuk smartphone berbasis Android.

2. Daftar Akun Dan Verifikasi
Jika aplikasi sudah terunduh, waktunya untuk melakukan pendaftaran akun. Isi data nama, nomor telepon, email, serta password. Cara menjadi agen pembayaran PDAM lewat Klikoo baru bisa dilakukan setelah proses verifikasi oleh Tim Customer Support Klikoo.
Verifikasi bisa dilakukan dengan menekan tombol verifikasi yang bisa ditemukan di halaman homepage aplikasi. Masukkan data untuk verisikasi berupa nomor KTP, alamat, serta tanggal lahir.


Pastikan seluruh data yang dimasukkan sudah benar, lalu lanjut ke proses foto selfie dengan memegang KTP. Jika selfie sudah selesai, pilih opsi simpan. Di tahap ini, Anda hanya tinggal menunggu verifikasi yang biasanya dilakukan dalam waktu 1 x 24 jam. Apabila data yang tercantum sudah benar, maka akun akan langsung terverifikasi dan bisa digunakan untuk melakukan transaksi. Tapi, kalau masih ada data yang salah, Anda akan diminta untuk memperbaiki data tersebut lalu kembali melakukan verifikasi ulang.

3. Isi Saldo
Untuk cara menjadi agen pembayaran PDAM melalui Klikoo, diperlukan pengisian saldo terlebih dahulu. Pengisian saldo bisa dilakukan melalui transfer bank, virtual account, Alfamart, maupun melalui tim sales Klikoo. Saldo yang harus diisi minimal Rp10 ribu. Mengapa perlu mengisi saldo? Nantinya, ketika melakukan transaksi seperti pembayaran PDAM, tagihan akan dibayarkan melalui saldo tersebut. Jadi setelah tagihan dibayar, otomatis saldo akan terpotong.

4. Lakukan Transaksi Pembayaran Tagihan PDAM
Langkah terakhir dalam cara menjadi agen pembayaran PDAM lewat Klikoo adalah langsung melakukan transaksi pembayaran tagihan. Pembayaran bisa dilakukan dengan mencantumkan ID pelanggan PDAM. Pembayaran tagihan dilakukan dengan menarik saldo dari akun Klikoo yang sudah diisi terlebih dahulu.

Itulah langkah-langkah cara menjadi agen pembayaran PDAM yang sukses. Langkah-langkah di atas sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh pebisnis pemula sekalipun tanpa memerlukan modal yang besar.