SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNAAN LAYANAN KLIKOOHalaman ini merupakan versi terbaru yang telah diperbaharui pada tanggal
Agustus 2025SELAMAT DATANG! TERIMA KASIH TELAH MENGGUNAKAN LAYANAN APLIKASI KLIKOO.
1. PERSETUJUANHarap membaca Ketentuan Layanan ini dengan cermat.
Ketentuan ini berlaku terhadap seluruh individu atau orang-perorangan, dan/atau bentuk subjek hukum lainnya (sebagaimana relevan) yang mengunduh, mengakses, melakukan pendaftaran untuk menjadi pengguna layanan Kami, dan menggunakan layanan-layanan yang disediakan oleh aplikasi Kami dan/atau aplikasi lain yang Kami terbitkan (masing-masing dan/atau seluruhnya disebut sebagai “Aplikasi”) atau melalui platform resmi lainnya dari Partner dimana melalui platform tersebut beberapa atau seluruh bagian dari layanan Kami dapat Anda akses, dan terhadap setiap pihak yang menyampaikan permintaan atau memberikan informasi kepada Kami, afiliasi Kami, atau kepada Partner terkait dengan setiap atau seluruh layanan Kami. Dengan ini, Anda menyatakan dan mengakui bahwa Anda telah membaca, mempelajari, memahami, dan menyetujui seluruh ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan ini (“
Ketentuan Layanan”).
Dalam menggunakan Layanan sebagaimana dimaksud dalam Ketentuan Layanan ini, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa PT Pintar Ventura Pertama dapat bekerjasama dengan pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada penyedia produk digital, biller (penagih tagihan), dan/atau perusahaan yang memiliki izin sebagai Penyelenggara Jasa Pembayaran dari otoritas yang berwenang. Dengan ini, Pengguna menyadari bahwa dalam layanan tertentu, PT Pintar Ventura Pertama bertindak sebagai perantara dan tidak bertanggung jawab atas kegagalan Layanan yang disebabkan oleh pihak ketiga tersebut.
Jika Anda tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Ketentuan Layanan ini, maka Anda tidak diperkenankan untuk mengakses, mendaftar dan/atau menggunakan Layanan dalam Platform atau Aplikasi Klikoo milik Kami.
2. KETENTUAN UMUMKetentuan Layanan ini mengatur tentang bagaimana kami, PT Pintar Ventura Pertama (“
Kami” atau “
Perusahaan”), termasuk perusahaan afiliasi, anak perusahaan, dan/atau perusahaan asosiasi (“
Perusahaan Afiliasi”), melakukan penyelenggaraan layanan karena Anda menggunakan aplikasi Klikoo yang dikelola oleh PT Pintar Ventura Pertama (“b”), yang meliputi layanan:
a. Pembayaran Tagihan & Top-Up
b. Transfer Uang & Layanan Uang Elektronik/Dompet Digital
c. Pembelian Produk Digital
d. Layanan Keuangan Tambahan Lainnya
(selanjutnya disebut sebagai “
Layanan Aplikasi Klikoo” atau “
Layanan”).
3. DEFINISIDalam Ketentuan Layanan ini, kata-kata berikut akan memiliki arti sebagaimana dijelaskan di bawah ini:
a.
"Akun" mengacu pada Akun yang dibuat oleh Pengguna segera setelah Pengguna menyelesaikan proses pendaftaran di Platform/Aplikasi Klikoo, yang berisi informasi mengenai nomor telepon Pengguna, nama toko Pengguna, jenis toko Pengguna, alamat toko pengguna dan saldo milik Pengguna Klikoo.
b.
"Partner" berarti setiap mitra atau partner yang telah bekerjasama dengan Kami untuk penjualan produk milik Partner di Aplikasi Klikoo. Daftar produk yang tersedia di Platform/Aplikasi Klikoo mungkin dapat berubah sewaktu-waktu atas kebijakan Kami sendiri atau Partner tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda.
c.
"Pengguna",
"Anda", atau
"Milik Anda" mengacu pada pihak yang menggunakan Platform/Aplikasi Klikoo, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual, dan pihak lain yang memiliki kepentingan menggunakan Platform/Aplikasi Klikoo.
d.
"Platform" adalah website dan/atau mobile application yang dikelola oleh Partner, yang dapat digunakan untuk mengakses dan menggunakan Layanan Klikoo, baik secara sebagian atau keseluruhan.
e.
"Klikoo",
"Kami",
"Milik Kami", atau
"Kita" mengacu pada platform/Aplikasi Klikoo dan/atau penyedia layanan platform/Aplikasi Klikoo yaitu PT Pintar Ventura Pertama.
f.
"Saldo Klikoo" berarti sejumlah dana yang disetorkan oleh Anda/Pengguna, yang dapat digunakan untuk membeli produk dan Layanan yang tersedia di Aplikasi Klikoo.
g.
"Kontrak Tertulis" mengacu pada semua dokumen tertulis yang kami terapkan kepada Anda jika Anda mendaftar sebagai Pengguna/Partner.
h.
"Syarat dan Ketentuan" mengacu pada Syarat dan Ketentuan untuk penggunaan produk dan layanan Klikoo yang tersedia di Platform/Aplikasi Klikoo serta produk dan layanan lainnya yang mungkin akan tersedia di masa depan. Produk dan layanan baru akan diinformasikan kepada Anda melalui notifikasi di Platform/Aplikasi Klikoo Anda.
4. PEMBUATAN AKUN KLIKOOa. KETENTUAN PENDAFTARAN.
Pengguna yang akan mengakses dan menggunakan Layanan, wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut:
i. Berusia minimal 18 tahun (kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia). Pengguna yang belum genap berusia 18 tahun wajib memperoleh persetujuan dari orang tua atau wali untuk menggunakan dan/atau mengakses Layanan dan bertanggung jawab atas segala biaya yang timbul terkait penggunaan Layanan;
ii. Warga Negara Indonesia yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP);
iii. Tinggal di Republik Indonesia dan memiliki alamat tinggal yang terdaftar;
iv. Menggunakan layanan kami untuk melakukan transaksi hanya dalam Rupiah Indonesia dan bukan dalam mata uang lainnya;
v. Menggunakan layanan di perangkat internet yang sesuai.
vi. Anda hanya dapat menggunakan layanan kami jika Anda memenuhi seluruh persyaratan pada paragraf nomor 1 diatas. Apabila Anda tidak memenuhi ketentuan tersebut, Anda dimohon untuk membatalkan upaya apa pun untuk membuat dan menggunakan Akun Klikoo.
vii. Registrasi dan kepemilikan Akun Klikoo tidak dikenakan biaya apapun.
viii. Kami berhak untuk mulai mengenakan biaya kepada para Pengguna layanan Kami di masa yang akan datang. Syarat dan Ketentuan yang berkaitan dengan biaya registrasi dan kepemilikan Akun akan mulai berlaku sejak tanggal diterbitkan Syarat dan Ketentuan ini.
b. INFORMASI PADA AKUNi. Untuk membuat sebuah Akun pada Aplikasi Klikoo, Anda harus memberikan data/informasi registrasi berikut kepada kami:
- Nomor handphone yang masih aktif dan digunakan;
- Nama Tempat Usaha;
- Jenis Usaha/Tempat Usaha;
- Alamat Tempat Usaha.
ii. Anda dilarang membagikan data dan/atau informasi terkait dengan Akun Anda kepada pihak ketiga mana pun termasuk password rahasia berupa kode otentikasi yang dikirimkan melalui SMS atau whatsapp ke nomor telepon yang terdaftar pada Akun Anda. Anda bertanggung jawab sepenuhnya untuk menjaga kerahasiaan data dan/atau informasi Akun Anda dan bertanggung jawab atas setiap aktivitas dan transaksi yang terjadi melalui Akun Anda, baik yang dilakukan oleh Anda atau pihak ketiga mana pun.
iii. Anda diwajibkan untuk menjaga kerahasiaan PIN/kode OTP Anda dari pihak manapun, termasuk dari semua staff Klikoo sekalipun. Jika pin/kode OTP Anda diketahui oleh pihak lain dengan alasan apapun dan karenanya terjadi penyalahgunaan Akun Anda, hal tersebut bukan menjadi tanggung jawab Klikoo.
iv. Setelah Anda melakukan pendaftaran pada Aplikasi Klikoo dengan cara mendaftarkan data dan/atau informasi Anda, Anda memahami bahwa nomor telepon seluler yang Anda daftarkan akan melekat pada Akun Klikoo milik Anda.
v. Apabila Anda membutuhkan bantuan terkait keamanan dan perlindungan Akun Anda, Kami menghimbau Anda untuk:
- Segera hubungi kami di cs.klikoo@pvg.co.id atau nomor telepon Klikoo di 082125270901 mengenai apa pun yang berkaitan dengan penggunaan secara ilegal atau tanpa izin atas Akun Anda;
- Mengubah PIN (Personal Identification Number) Anda secara berkala.
vi. Untuk mencegah terjadinya tindak pidana pencucian uang dan/atau pembiayaan terorisme di Indonesia, Kami berhak untuk membekukan Akun Anda dengan segera jika kami memiliki alasan untuk mempercayai bahwa Data Registrasi dan Data Verifikasi atau data apa pun yang diberikan oleh Anda tidak benar, dan/atau ada indikasi bahwa Akun Anda telah dibajak dengan cara apa pun.
vii. Jika Anda tidak dapat mengakses Akun Anda, mohon segera hubungi Kami di cs.klikoo@pvg.co.id dan buat permintaan untuk membekukan Akun Anda. Kami tidak akan bertanggung jawab atas transaksi tanpa izin/ilegal apa pun yang dilakukan dengan menggunakan Akun Anda sebelum Anda membuat permintaan untuk membekukan Akun Anda dan permintaan tersebut telah dikonfirmasi oleh sistem kami.
c. VERIFIKASI AKUN KLIKOOi. Untuk dapat mengakses seluruh Layanan pada Aplikasi Klikoo, Pengguna diharuskan untuk melakukan Verifikasi Akun terlebih dahulu dengan memberikan data dan/atau informasi serta dokumen sebagaimana dimintakan dalam Aplikasi Klikoo.
ii. Untuk dapat mengakses semua Layanan dalam Aplikasi Klikoo, Anda harus melakukan proses verifikasi dengan memberikan data dan dokumen sebagai berikut:
- Foto jelas Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pengguna;
- Swafoto (selfie) Pengguna dengan memegang KTP;
- Nomor Induk Kewarganegaraan (NIK);KTP
- Nama sesuai KTP;
- Tempat dan tanggal lahir sesuai KTP;
- Alamat sesuai KTP;
- Foto Pengguna dengan tempat usaha.
iii. Data Registrasi dan Data Verifikasi yang Anda berikan kepada Kami harus disampaikan dengan sebenar-benarnya, sesuai dengan pengetahuan Anda, kepercayaan Anda dan kenyataan yang sebenarnya. Kesalahan dalam pemberian Data Registrasi akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda sendiri. Kami berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggan ketentuan ini seperti peringatan secara tertulis dan sanksi berupa pembekuan akun sementara dan/atau ganti rugi akibat dari pelanggan ketentuan ini.
iv. Pendaftaran dan verifikasi Akun Anda, sebagaimana dimaksud di atas dapat dilakukan secara mandiri melalui Aplikasi Klikoo.
v. Persetujuan dan/atau penolakan atas permohonan verifikasi Anda merupakan kewenangan kami sepenuhnya dengan memperhatikan ketentuan hukum dan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Kami akan melakukan verifikasi atas data dan/atau informasi dan dokumen identitas yang Anda sampaikan melalui Aplikasi Klikoo, baik secara langsung oleh Kami maupun melalui Partner. Tanpa mengurangi hak dan kewajiban lainnya sebagaimana diatur dalam Ketentuan Layanan ini, Anda dengan ini menyetujui bahwa Kami dapat mengungkapkan dan/atau memperoleh informasi dan dokumen terkait diri Anda dari dan kepada Partner, sepanjang diperlukan untuk keperluan verifikasi dan pemrosesan permohonan aktivasi Akun Klikoo Anda. Partner dapat meneruskan pengungkapan dan/atau pengumpulan informasi tersebut kepada pihak ketiga lainnya yang bekerja sama dengan mereka, sejauh relevan dan dibutuhkan dalam proses verifikasi tersebut dan diperkenankan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
vi. Kami, berdasarkan hasil analisa, berhak untuk meminta informasi/dokumen tambahan terkait dengan Pengguna dan berhak untuk melakukan penolakan dan/atau pembatalan proses pendaftaran/verifikasi Akun Pengguna. Kami dapat, sewaktu-waktu, menarik persetujuan atas permohonan verifikasi Anda dan mengembalikan status akun Anda menjadi tidak terverifikasi, termasuk apabila terdapat keragu-raguan atas ketepatan dan/atau keabsahan serta kelengkapan dokumen dan/atau informasi yang Anda sampaikan kepada Kami. Anda dengan ini membebaskan Kami dari segala tuntutan dalam bentuk apapun dari pihak ketiga manapun termasuk suami dan/atau istri dan/atau ahli waris, dan pihak lainnya yang terkait dengan Anda, sehubungan dengan proses penolakan/pembatalan proses pendaftaran atau verifikasi Akun Anda.