Blog

Tips Menjadi Agen Pulsa

PPOB
Jual beli pulsa jadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan saat ini. Hal ini lantaran pulsa menjadi kebutuhan untuk menelepon, membeli paket internet, atau melakukan pembayaran aplikasi di Play Store. Agen pulsa jadi salah satu yang diandalkan sebagian orang untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Untuk itu, tak heran banyak orang yang tertarik dan mulai mencari tips menjadi agen pulsa.

Menariknya, tak butuh modal besar untuk bisnis ini bisa berkembang dengan baik dan menghasilkan keuntungan apabila dikelola dengan baik. Modal utama yang diperlukan dalam bisnis ini hanyalah handphone yang siap online selama 24 jam. Cara kerja agen pulsa memang terlihat sederhana, meskipun sederhana tetapi keuntungan yang didapatkan bisa jadi sangat besar ketika banyak transaksi dilakukan.

Nah, kamu tertarik untuk berbisnis jual beli pulsa? Yuk, pelajari dulu tips menjadi agen pulsa yang bisa diterapkan agar usaha tersebut lebih menguntungkan.

Tips untuk Sukses Menjadi Agen Pulsa

Banyak orang saat ini membutuhkan pulsa untuk sarana komunikasi dan terhubung dengan internet. Apalagi hampir setiap orang memiliki sebuah smartphone yang membutuhkan pulsa. Inilah yang membuat usaha sebagai agen pulsa murah sangat menjanjikan. Usaha inipun bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan untuk mendapatkan keuntungan tambahan.

Meski terkesan sederhana, kamu juga harus tahu tips menjadi agen pulsa agar menguntungkan. Berikut ulasannya:

1. Cari Distributor Berkualitas

Tips menjadi agen pulsa yang pertama adalah mencari distributor berkualitas baik. Sebelum kamu memastikan memilih menjadi agen, survei terlebih dahulu bagaimana kualitas pelayanan distributor tersebut. Pilihlah distributor yang dapat mengirim pulsa dalam waktu singkat dan tidak sering terjadi gangguan.

Kamu juga perlu mempertimbangkan apa saja jenis pulsa yang mereka tawarkan, apakah hanya untuk mengisi pulsa reguler atau bisa juga mengisi paket data, dan token listrik. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan bagaimana cara komplain, respon, dan bagaimana penyelesaiannya. Hal yang paling akhir adalah harga pulsa dari distributor tersebut bisa kamu jual lagi atau tidak.

2. Sediakan Semua Pilihan Operator

Semakin banyak pilihan yang kamu berikan, tentu semakin luas juga jumlah pelanggan yang kamu bisa dapatkan. Oleh karena itu, kamu harus menjajakan beragam produk pulsa dari berbagai jenis operator. Produk-produk tersebut antara lain adalah Telkomsel (Simpati, As, Loop), Indosat (Mentari, IM3, AXIS), XL, Three dan Smartfren.

3. Tambahkan Layanan Lain

Selain menjual pulsa, kamu bisa menawarkan beragam jenis layanan seperti pulsa khusus sms, transfer pulsa, token listrik prabayar, voucher game online, dan tentu saja yang paling ditunggu-tunggu yakni paket internet. Sebab. menekuni jadi agen pulsa, maka kamu secara tidak sengaja juga akan menjadi media pembayaran tagihan online yang ada di masyarakat. Dimana hal ini akan jadi salah satu keunggulanmu dibandingkan dengan agen pulsa lainnya. Untuk mendapatkan income tambahan, kamu juga bisa sekaligus menjalankan usaha lain secara bersamaan, mulai dari berdagang kelontong, membuka kios handphone dan aksesorisnya, hingga jasa service handphone.

4. Tetapkan Harga

Setelah mendapatkan distributor dan rencana layanan yang ingin disediakan, tips menjadi agen pulsa selanjutnya adalah menetapkan harga jual. Penentuan harga jual dapat didasarkan pada harga beli, biaya yang diperlukan, untung yang kamu inginkan dan perbandingan harga di pasaran. Tidak masalah jika harga yang kamu tetapkan lebih murah dari harga pesaing asalkan mendapatkan untung yang sesuai. kamu juga dapat memilih harga yang lebih mahal asalkan mampu memberikan pelayanan prima pada pelanggan.

5. Fokus pada Penjualan

Masih berhubungan dengan penetapan harga, jumlah transaksi pun menentukan jumlah keuntungan. Misalnya kamu menetapkan margin sebesar Rp500 setiap satu transaksi, lalu berhasil melakukan 100 transaksi per hari. Maka penghasilan per bulannya adalah Rp500 x 100 x 30. Hasilnya Rp1.500.000. Jadi, memang lebih baik kamu menjual pulsa dengan nominal kecil tapi transaksinya banyak, daripada nominal besar tapi transaksinya sedikit.

6. Manfaatkan Media Sosial

Agar dapat menarik perhatian pelanggan dengan mengadakan promosi melalui berbagai media seperti media sosial. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai cara untuk memperluas promosi toko pulsamu. Dengan begitu, kamu juga berpeluang untuk dapat untung yang lebih banyak dan menggapai lebih banyak pelanggan juga.

7. Gunakan Lebih dari Satu Server

Memiliki satu server pulsa saja memang sudah cukup, tetapi kamu juga perlu mencari server lain untuk mengatasi jika terjadi suatu gangguan pada server tersebut. Dengan menggunakan server lebih dari satu, kamu dapat selalu siap ketika akan ada pembeli yang membutuhkan pulsa. Selain itu, kamu juga dapat mengontrol saldo yang dimiliki dan tentunya memudahkan proses transaksi. Ketika memiliki server pulsa yang berbeda, diperlukan ketelitian ketika menulis pembukuan transaksi penjualan agar tidak terjadi kekeliruan.

8. Pertimbangan untuk Punya Toko Fisik

Jika memiliki modal yang cukup, kamu bisa membuka toko fisik untuk layanan yang kamu sediakan. Kemudian, pelanggan bisa datang langsung dan melakukan transaksi. Ini biasanya dilakukan oleh pelanggan dengan usia yang lebih tua dan butuh penjelasan ini itu. Selain itu, dengan memiliki toko fisik juga membuat produk jualanmu yang lain bisa diketahui oleh pelanggan sehingga mereka yang butuh layanan apapun bisa datang langsung.

Menjadi Agen Pulsa dengan Klikoo

Yuk, download Klikoo sekarang dan langsung jadi Agen Pulsa!

Saat ini sudah tersedia banyak sekali vendor agen pulsa. Sebagai langkah awal tentu kamu harus memilih terlebih dahulu mana yang terpercaya seperti Klikoo. Di Klikoo, kamu bisa menjual produk pulsa dan paket data, e-wallet (OVO, GoPay, DANA, ShopeePay), dan tagihan air & listrik.

Cara mendaftarnya pun cukup mudah dan cepat. Berikut langkah-langkahnya:

1. Mengunduh

Unduh Klikoo di ponsel melalui Google Play. Untuk sementara, saat ini Klikoo hanya tersedia untuk Android. Kamu bisa melakukan proses instalasi di sini hingga selesai.

2. Verifikasi

Buka aplikasi dan isikan data diri dengan benar. Kamu harus mengisi nama, nomor telepon, dan nomor ID lokal. Setelah itu, Tim Customer Support akan melakukan verifikasi akunmu.

3. Isi Saldo

Setelah akun terverifikasi, langkah selanjutnya adalah mengisi saldo. Di Klikoo, kamu bisa melakukan pengisian saldo minimal Rp10.000 melalui bank, virtual account, Alfamart , dan juga tim sales Klikoo.

4. Lakukan Transaksi

Jika saldo sudah terisi, kamu hanya memerlukan ID pelanggan untuk menyelesaikan transaksi dan bisa mulai berjualan pulsa.