SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNAAN LAYANAN KLIKOOHalaman ini merupakan versi terbaru yang telah diperbaharui pada tanggal
Agustus 2025SELAMAT DATANG! TERIMA KASIH TELAH MENGGUNAKAN LAYANAN APLIKASI KLIKOO.
1. PERSETUJUANHarap membaca Ketentuan Layanan ini dengan cermat.
Ketentuan ini berlaku terhadap seluruh individu atau orang-perorangan, dan/atau bentuk subjek hukum lainnya (sebagaimana relevan) yang mengunduh, mengakses, melakukan pendaftaran untuk menjadi pengguna layanan Kami, dan menggunakan layanan-layanan yang disediakan oleh aplikasi Kami dan/atau aplikasi lain yang Kami terbitkan (masing-masing dan/atau seluruhnya disebut sebagai “Aplikasi”) atau melalui platform resmi lainnya dari Partner dimana melalui platform tersebut beberapa atau seluruh bagian dari layanan Kami dapat Anda akses, dan terhadap setiap pihak yang menyampaikan permintaan atau memberikan informasi kepada Kami, afiliasi Kami, atau kepada Partner terkait dengan setiap atau seluruh layanan Kami. Dengan ini, Anda menyatakan dan mengakui bahwa Anda telah membaca, mempelajari, memahami, dan menyetujui seluruh ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan ini (“
Ketentuan Layanan”).
Dalam menggunakan Layanan sebagaimana dimaksud dalam Ketentuan Layanan ini, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa PT Pintar Ventura Pertama dapat bekerjasama dengan pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada penyedia produk digital, biller (penagih tagihan), dan/atau perusahaan yang memiliki izin sebagai Penyelenggara Jasa Pembayaran dari otoritas yang berwenang. Dengan ini, Pengguna menyadari bahwa dalam layanan tertentu, PT Pintar Ventura Pertama bertindak sebagai perantara dan tidak bertanggung jawab atas kegagalan Layanan yang disebabkan oleh pihak ketiga tersebut.
Jika Anda tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Ketentuan Layanan ini, maka Anda tidak diperkenankan untuk mengakses, mendaftar dan/atau menggunakan Layanan dalam Platform atau Aplikasi Klikoo milik Kami.
2. KETENTUAN UMUMKetentuan Layanan ini mengatur tentang bagaimana kami, PT Pintar Ventura Pertama (“
Kami” atau “
Perusahaan”), termasuk perusahaan afiliasi, anak perusahaan, dan/atau perusahaan asosiasi (“
Perusahaan Afiliasi”), melakukan penyelenggaraan layanan karena Anda menggunakan aplikasi Klikoo yang dikelola oleh PT Pintar Ventura Pertama (“b”), yang meliputi layanan:
a. Pembayaran Tagihan & Top-Up
b. Transfer Uang & Layanan Uang Elektronik/Dompet Digital
c. Pembelian Produk Digital
d. Layanan Keuangan Tambahan Lainnya
(selanjutnya disebut sebagai “
Layanan Aplikasi Klikoo” atau “
Layanan”).
3. DEFINISIDalam Ketentuan Layanan ini, kata-kata berikut akan memiliki arti sebagaimana dijelaskan di bawah ini:
a.
"Akun" mengacu pada Akun yang dibuat oleh Pengguna segera setelah Pengguna menyelesaikan proses pendaftaran di Platform/Aplikasi Klikoo, yang berisi informasi mengenai nomor telepon Pengguna, nama toko Pengguna, jenis toko Pengguna, alamat toko pengguna dan saldo milik Pengguna Klikoo.
b.
"Partner" berarti setiap mitra atau partner yang telah bekerjasama dengan Kami untuk penjualan produk milik Partner di Aplikasi Klikoo. Daftar produk yang tersedia di Platform/Aplikasi Klikoo mungkin dapat berubah sewaktu-waktu atas kebijakan Kami sendiri atau Partner tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda.
c.
"Pengguna",
"Anda", atau
"Milik Anda" mengacu pada pihak yang menggunakan Platform/Aplikasi Klikoo, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual, dan pihak lain yang memiliki kepentingan menggunakan Platform/Aplikasi Klikoo.
d.
"Platform" adalah website dan/atau mobile application yang dikelola oleh Partner, yang dapat digunakan untuk mengakses dan menggunakan Layanan Klikoo, baik secara sebagian atau keseluruhan.
e.
"Klikoo",
"Kami",
"Milik Kami", atau
"Kita" mengacu pada platform/Aplikasi Klikoo dan/atau penyedia layanan platform/Aplikasi Klikoo yaitu PT Pintar Ventura Pertama.
f.
"Saldo Klikoo" berarti sejumlah dana yang disetorkan oleh Anda/Pengguna, yang dapat digunakan untuk membeli produk dan Layanan yang tersedia di Aplikasi Klikoo.
g.
"Kontrak Tertulis" mengacu pada semua dokumen tertulis yang kami terapkan kepada Anda jika Anda mendaftar sebagai Pengguna/Partner.
h.
"Syarat dan Ketentuan" mengacu pada Syarat dan Ketentuan untuk penggunaan produk dan layanan Klikoo yang tersedia di Platform/Aplikasi Klikoo serta produk dan layanan lainnya yang mungkin akan tersedia di masa depan. Produk dan layanan baru akan diinformasikan kepada Anda melalui notifikasi di Platform/Aplikasi Klikoo Anda.
4. PEMBUATAN AKUN KLIKOOa. KETENTUAN PENDAFTARAN.Pengguna yang akan mengakses dan menggunakan Layanan, wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut:
i. Berusia minimal 18 tahun (kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia). Pengguna yang belum genap berusia 18 tahun wajib memperoleh persetujuan dari orang tua atau wali untuk menggunakan dan/atau mengakses Layanan dan bertanggung jawab atas segala biaya yang timbul terkait penggunaan Layanan;
ii. Warga Negara Indonesia yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP);
iii. Tinggal di Republik Indonesia dan memiliki alamat tinggal yang terdaftar;
iv. Menggunakan layanan kami untuk melakukan transaksi hanya dalam Rupiah Indonesia dan bukan dalam mata uang lainnya;
v. Menggunakan layanan di perangkat internet yang sesuai.
vi. Anda hanya dapat menggunakan layanan kami jika Anda memenuhi seluruh persyaratan pada paragraf nomor 1 diatas. Apabila Anda tidak memenuhi ketentuan tersebut, Anda dimohon untuk membatalkan upaya apa pun untuk membuat dan menggunakan Akun Klikoo.
vii. Registrasi dan kepemilikan Akun Klikoo tidak dikenakan biaya apapun.
viii. Kami berhak untuk mulai mengenakan biaya kepada para Pengguna layanan Kami di masa yang akan datang. Syarat dan Ketentuan yang berkaitan dengan biaya registrasi dan kepemilikan Akun akan mulai berlaku sejak tanggal diterbitkan Syarat dan Ketentuan ini.
b. INFORMASI PADA AKUNi. Untuk membuat sebuah Akun pada Aplikasi Klikoo, Anda harus memberikan data/informasi registrasi berikut kepada kami:
- Nomor handphone yang masih aktif dan digunakan;
- Nama Tempat Usaha;
- Jenis Usaha/Tempat Usaha;
- Alamat Tempat Usaha.
ii. Anda dilarang membagikan data dan/atau informasi terkait dengan Akun Anda kepada pihak ketiga mana pun termasuk password rahasia berupa kode otentikasi yang dikirimkan melalui SMS atau whatsapp ke nomor telepon yang terdaftar pada Akun Anda. Anda bertanggung jawab sepenuhnya untuk menjaga kerahasiaan data dan/atau informasi Akun Anda dan bertanggung jawab atas setiap aktivitas dan transaksi yang terjadi melalui Akun Anda, baik yang dilakukan oleh Anda atau pihak ketiga mana pun.
iii. Anda diwajibkan untuk menjaga kerahasiaan PIN/kode OTP Anda dari pihak manapun, termasuk dari semua staff Klikoo sekalipun. Jika pin/kode OTP Anda diketahui oleh pihak lain dengan alasan apapun dan karenanya terjadi penyalahgunaan Akun Anda, hal tersebut bukan menjadi tanggung jawab Klikoo.
iv. Setelah Anda melakukan pendaftaran pada Aplikasi Klikoo dengan cara mendaftarkan data dan/atau informasi Anda, Anda memahami bahwa nomor telepon seluler yang Anda daftarkan akan melekat pada Akun Klikoo milik Anda.
v. Apabila Anda membutuhkan bantuan terkait keamanan dan perlindungan Akun Anda, Kami menghimbau Anda untuk:
- Segera hubungi kami di cs.klikoo@pvg.co.id atau nomor telepon Klikoo di 082125270901 mengenai apa pun yang berkaitan dengan penggunaan secara ilegal atau tanpa izin atas Akun Anda;
- Mengubah PIN (Personal Identification Number) Anda secara berkala.
vi. Untuk mencegah terjadinya tindak pidana pencucian uang dan/atau pembiayaan terorisme di Indonesia, Kami berhak untuk membekukan Akun Anda dengan segera jika kami memiliki alasan untuk mempercayai bahwa Data Registrasi dan Data Verifikasi atau data apa pun yang diberikan oleh Anda tidak benar, dan/atau ada indikasi bahwa Akun Anda telah dibajak dengan cara apa pun.
vii. Jika Anda tidak dapat mengakses Akun Anda, mohon segera hubungi Kami di cs.klikoo@pvg.co.id dan buat permintaan untuk membekukan Akun Anda. Kami tidak akan bertanggung jawab atas transaksi tanpa izin/ilegal apa pun yang dilakukan dengan menggunakan Akun Anda sebelum Anda membuat permintaan untuk membekukan Akun Anda dan permintaan tersebut telah dikonfirmasi oleh sistem kami.
c. VERIFIKASI AKUN KLIKOOi. Untuk dapat mengakses seluruh Layanan pada Aplikasi Klikoo, Pengguna diharuskan untuk melakukan Verifikasi Akun terlebih dahulu dengan memberikan data dan/atau informasi serta dokumen sebagaimana dimintakan dalam Aplikasi Klikoo.
ii. Untuk dapat mengakses semua Layanan dalam Aplikasi Klikoo, Anda harus melakukan proses verifikasi dengan memberikan data dan dokumen sebagai berikut:
- Foto jelas Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pengguna;
- Swafoto (selfie) Pengguna dengan memegang KTP;
- Nomor Induk Kewarganegaraan (NIK);KTP
- Nama sesuai KTP;
- Tempat dan tanggal lahir sesuai KTP;
- Alamat sesuai KTP;
- Foto Pengguna dengan tempat usaha.
iii. Data Registrasi dan Data Verifikasi yang Anda berikan kepada Kami harus disampaikan dengan sebenar-benarnya, sesuai dengan pengetahuan Anda, kepercayaan Anda dan kenyataan yang sebenarnya. Kesalahan dalam pemberian Data Registrasi akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda sendiri. Kami berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggan ketentuan ini seperti peringatan secara tertulis dan sanksi berupa pembekuan akun sementara dan/atau ganti rugi akibat dari pelanggan ketentuan ini.
iv. Pendaftaran dan verifikasi Akun Anda, sebagaimana dimaksud di atas dapat dilakukan secara mandiri melalui Aplikasi Klikoo.
v. Persetujuan dan/atau penolakan atas permohonan verifikasi Anda merupakan kewenangan kami sepenuhnya dengan memperhatikan ketentuan hukum dan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Kami akan melakukan verifikasi atas data dan/atau informasi dan dokumen identitas yang Anda sampaikan melalui Aplikasi Klikoo, baik secara langsung oleh Kami maupun melalui Partner. Tanpa mengurangi hak dan kewajiban lainnya sebagaimana diatur dalam Ketentuan Layanan ini, Anda dengan ini menyetujui bahwa Kami dapat mengungkapkan dan/atau memperoleh informasi dan dokumen terkait diri Anda dari dan kepada Partner, sepanjang diperlukan untuk keperluan verifikasi dan pemrosesan permohonan aktivasi Akun Klikoo Anda. Partner dapat meneruskan pengungkapan dan/atau pengumpulan informasi tersebut kepada pihak ketiga lainnya yang bekerja sama dengan mereka, sejauh relevan dan dibutuhkan dalam proses verifikasi tersebut dan diperkenankan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
vi. Kami, berdasarkan hasil analisa, berhak untuk meminta informasi/dokumen tambahan terkait dengan Pengguna dan berhak untuk melakukan penolakan dan/atau pembatalan proses pendaftaran/verifikasi Akun Pengguna. Kami dapat, sewaktu-waktu, menarik persetujuan atas permohonan verifikasi Anda dan mengembalikan status akun Anda menjadi tidak terverifikasi, termasuk apabila terdapat keragu-raguan atas ketepatan dan/atau keabsahan serta kelengkapan dokumen dan/atau informasi yang Anda sampaikan kepada Kami. Anda dengan ini membebaskan Kami dari segala tuntutan dalam bentuk apapun dari pihak ketiga manapun termasuk suami dan/atau istri dan/atau ahli waris, dan pihak lainnya yang terkait dengan Anda, sehubungan dengan proses penolakan/pembatalan proses pendaftaran atau verifikasi Akun Anda.
5.LAYANANKami tidak tidak berperan sebagai penjual jasa dan/atau produk digital yang tersedia di Aplikasi Klikoo, melainkan sebagai media perantara bagi Penjual atau Penyedia jasa dan/atau produk digital, dan Pembeli untuk melakukan transaksi melalui Aplikasi Klikoo. Adapun ketentuan penggunaan Layanan dalam Aplikasi Klikoo adalah sebagai berikut:
a.Pembelian & Pembayaran TagihanLayanan pembayaran tagihan & Top-Up Digital yang tersedia di Aplikasi Klikoo memungkinkan Pengguna dapat melakukan pembayaran tagihan atau Top-Up melalui Aplikasi Klikoo, termasuk namun tidak terbatas pada:
i.Pra-bayar (Prepaid):
- Token listrik (PLN prabayar);
- Pulsa telepon (semua operator);
- Paket data internet;
- Voucher E-Money/E-Wallet;
- Voucher Digital;
- Voucher Game;
- Voucher Streaming.
ii. Pasca-bayar (postpaid):
- Tagihan listrik (PLN pascabayar);
- Tagihan air (PDAM);
- BPJS Kesehatan;
- TV Kabel dan Internet;
- Pascabayar seluler;
- Gas negara (PGN);
- PBB.
b. Transfer Uang & Top-up Digitali.Kirim uang
ii.Maxim
iii.Indrive
c. Transportasii. Maxim
ii. Indrive
iii. Bus
d. Layanan Keuangan Tambahan Lainnya:i. Zakat / Donation
ii. Bayar Belanja (VA Payment)
iii. Cash Withdrawal
iv. Convert Pulsa
v. Convert E-Wallet
vi. Multifinance
vii. Attraction
Klikoo juga menyediakan layanan keuangan tambahan lainnya untuk mendukung kebutuhan transaksi digital Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada layanan pembayaran menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Layanan ini memungkinkan Pengguna menerima pembayaran secara digital dari pelanggan mereka melalui pemindaian kode QR yang terintegrasi dalam sistem Klikoo.
Layanan QRIS yang tersedia dalam Aplikasi Klikoo ini disediakan melalui kerja sama dengan pihak ketiga lainnya, yang memiliki izin sebagai Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) dari otoritas yang berwenang yaitu PT E2Pay Global Utama. Dengan menggunakan layanan ini, Anda dianggap telah membaca, memahami, dan menyetujui untuk tunduk pada syarat dan ketentuan yang berlaku terhadap layanan tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan PT E2Pay Global Utama, silakan kunjungi halaman situs resmi berikut: (LINK).
6.PENGHENTIAN LAYANAN, PEMBATALAN TRANSAKSI & PENGEMBALIAN DANA (REFUND).i. Untuk menghindari penyalahgunaan terhadap Akun Klikoo Anda, Kami dapat menghentikan Layanan pada Akun Klikoo Anda jika dokumen dan/atau informasi terkait dengan Akun Anda berdasarkan hasil pemeriksaan/investigasi terbukti tidak akurat, tidak sah, dan/atau tidak lengkap, termasuk dalam hal terdapat aktivitas yang tidak wajar terhadap Akun Klikoo Anda. Penghentian Layanan Akun Klikoo Anda akan kami beritahukan kepada Anda sepanjang diperkenankan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
ii. Kami sangat menyarankan Anda untuk selalu memeriksa detail setiap transaksi atau penggunaan Layanan sebelum bertransaksi. Dengan demikian, tidak akan ada kesalahan transaksi sehingga Anda tidak perlu membatalkan transaksi yang telah dilakukan. Perlu dicatat bahwa transaksi hanya dapat dibatalkan apabila belum diproses.
iii. Dalam hal transaksi telah dilakukan dan disetujui/dikonfirmasi oleh Anda, maka:
- Kami tidak bertanggung jawab, serta tidak berkewajiban untuk melakukan pembatalan jika terjadi kesalahan pengisian nominal, nama, dan/atau nomor rekening penerima, dan kesalahan lainnya sehubungan dengan detail isi ulang atau transaksi; dan
- Kami tidak bertanggungjawab atas ketidaksesuaian antara nominal yang tertera di aplikasi dengan nominal yang ditransfer, serta, setiap transfer yang ditujukan kepada kami namun dilakukan tidak sesuai dengan prosedur yang kami tetapkan, akan dikenakan biaya admin sebesar Rp. 2.500,- (dua ribu lima ratus Rupiah) (atau jumlah lain yang mungkin kami berlakukan dalam waktu ke waktu) yang akan kami potong secara otomatis dari jumlah transfer uang yang masuk ke dalam akun.
iv. Jika Anda meminta pengembalian dana (refund) atas transaksi yang Anda lakukan pada Aplikasi Klikoo menggunakan Akun Klikoo Anda. Anda wajib menyampaikan permohonan pengembalian dana (refund) tersebut kepada customer service Kami, melalui email cs.klikoo@pvg.co.id dengan menyampaikan bukti pendukung yang cukup berupa:
Nomor telepon seluler (handphone);
Bukti transaksi atau pembayaran yang diajukan refund;
- Nomor rekening bank tujuan refund;
- Bank tujuan refund;
- Nama pemilik rekening tujuan refund;
- Bukti-bukti lainnya yang berkaitan dengan transaksi (apabila ada);
v. Setiap permintaan pengembalian dana (refund) yang Kami akan mengupayakan yang terbaik untuk melaksanakan refund tersebut dan mengembalikan saldo yang berkaitan ke Akun Klikoo Anda dalam waktu maksimal 5 (lima) hari kerja terhitung setelah permohonan diterima dan dokumen pendukung telah dinyatakan lengkap dan benar/sesuai.
vi. Dalam hal transaksi yang Anda ajukan permohonan pengembalian dana (refund) bernilai Rp50.000 (lima puluh ribu rupiah) atau lebih, maka dana akan dikembalikan ke rekening tujuan pengembalian dana. Apabila dana yang dimohonkan kurang dari Rp50.000 (lima puluh ribu rupiah), maka dana akan dikembalikan ke akun Klikoo Anda untuk dapat digunakan bertransaksi kembali.
vii. Kami akan selalu mengupayakan yang terbaik untuk menjawab permintaan refund Anda secepat mungkin. Kami tidak bertanggung jawab atas penundaan/keterlambatan proses pengembalian dana (refund) yang mungkin disebabkan oleh Anda atau pihak ketiga lainnya, seperti contohnya Bank.
7. TRANSAKSI MENCURIGAKANJika kami memiliki alasan untuk mempercayai adanya indikasi pelanggaran atau akses yang tidak sah terhadap Akun Anda termasuk namun tidak terbatas pada tindakan penipuan, peretasan, pengelabuan, yang didefinisikan dalam peraturan sebagai tindakan pencucian uang dan pendanaan teroris/organisasi teroris, atau perbuatan yang melanggar ketentuan/hukum lainnya yang dapat merugikan Kami atau Pengguna dan/ata Partner Kami lainnya (fraud), dalam aktivitas/transaksi yang terjadi pada Akun Anda. Kami akan menghentikan hak akses Anda terhadap Akun Anda dan/atau membekukan Akun Anda. Anda dengan ini memahami bahwa Anda akan kehilangan hak akses terhadap Akun Anda sampai dengan berdasarkan pertimbangan Kami dan/atau pihak ketiga lainnya yang terkait dengan transaksi yang Anda lakukan, telah memutuskan bahwa Akun Anda dapat digunakan kembali dan hak akses Anda dikembalikan.
8. AKUN TIDAK AKTIF (DORMANT)i. Akun Klikoo Anda akan dianggap tidak aktif ("Akun Tidak Aktif" atau “Dormant”) dalam hal tidak terdapat transaksi dalam waktu 60 (enam puluh) hari kalender berturut-turut sejak transaksi terakhir dilakukan. Untuk kepentingan ketentuan ini, "transaksi" berarti penyelesaian transaksi atas setiap Layanan yang dilakukan menggunakan Akun Klikoo Anda.
ii. Akun Tidak Aktif tidak dapat menggunakan Layanan apapun pada Aplikasi Klikoo;
iii. Dalam hal masih terdapat dana pada Akun Klikoo Anda, Anda dapat menggunakan sisa dana tersebut sampai dengan habis atau dapat mengajukan permohonan pengembalian dana sebagaimana diatur dalam ketentuan Pengembalian Dana (Refund).
iv. Apabila Akun Klikoo Anda telah dinyatakan Tidak Aktif, maka:
- Anda akan dikenakan biaya pemeliharaan sebesar Rp10.000 (sepuluh ribu rupiah) dan akan dikenakan setiap bulannya dengan memotong langsung sisa dana Anda yang masih tersedia di Akun Tidak Aktif sampai dengan habis;
- Anda dapat mengaktifkan kembali Akun Tidak Aktif dengan cara melakukan sekurang-kurangnya 1 (satu) kali Transaksi selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kalender sejak tanggal dinyatakan Akun Tidak Aktif (“Masa Tenggang”). Kami akan memberikan notifikasi kepada Anda dalam Akun Klikoo Anda berada dalam Masa Tenggang;
- Apabila dana yang tersisa pada Akun Klikoo Anda adalah sebesar Rp0 (nol Rupiah), maka Kami akan melakukan penutupan Akun Klikoo Anda tersebut secara permanen dan Anda tidak dapat mengakses Layanan pada Aplikasi Klikoo menggunakan Akun Klikoo Anda.
- Biaya pemeliharaan sebagaimana dimaksud dalam ketentuan ini merupakan hak Kami, dan Anda tidak dapat mengajukan permohonan pengembalian maupun tuntutan dalam bentuk apa pun, baik pidana maupun perdata, sehubungan dengan penarikan biaya pemeliharaan tersebut.
- Anda tidak dapat mengaktifkan kembali Akun Tidak Aktif anda yang telah ditutup secara permanen. Anda dengan ini membebaskan Kami dari segala tuntutan dikemudian hari yang timbul dalam bentuk apapun, berkaitan dengan penutupan Akun Klikoo Anda.
- Bahwa aturan ini berlaku efektif sejak November 2025
9.PENUTUPAN AKUNKami berhak untuk menutup Akun Anda, di mana untuk jangka waktu tertentu atau untuk seterusnya berdasarkan pertimbangan atau kebijakan Kami, apabila terjadinya satu atau lebih Kondisi di bawah ini:
i. Adanya permintaan oleh Anda sendiri selaku pemilik Akun, dengan ketentuan Anda telah menyelesaikan segala kewajiban Anda kepada Kami atau Partner Kami;
ii. 30 (tiga puluh) hari kalender setelah Akun Anda dinyatakan Akun Non Aktif dan Akun Saldo Klikoo Rp0 (nol Rupiah);
iii. Anda meninggal dunia atau perusahaan, badan usaha, badan hukum atau persekutuan perdata yang Anda wakili dinyatakan atau dimohonkan pailit atau likuidasi atau berada dalam kondisi pailit atau likuidasi;
iv. Akun Anda atau Transaksi dalam Akun Anda berdasarkan hasil investigasi Kami dinyatakan fraud atau berdasarkan perintah dari aparat penegak hukum;
v. Jika Akun Klikoo Anda ditutup berdasarkan poin iv di atas, maka setelah verifikasi dilakukan, Kami dapat melakukan tindakan-tindakan penahanan, pemotongan, atau pendebetan Saldo Klikoo dalam Akun Anda. Penahanan, pemotongan, atau pendebetan saldo dalam Akun Klikoo Anda dilakukan berdasarkan pertimbangan Kami, dan juga termasuk namun tidak terbatas untuk pemenuhan seluruh kewajiban pembayaran Anda kepada Kami atau Partner Kami, pembayaran biaya administrasi penutupan Akun dalam jumlah yang akan ditentukan oleh Kami dari waktu ke waktu atau biaya terutang lainnya (apabila ada) di Akun Klikoo Anda. Anda dengan ini memberikan kuasa (tanpa perlu dibuatkan secara terpisah), hak dan wewenang penuh yang tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat kepada Kami dengan hak substitusi, untuk sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan atau persetujuan terlebih dahulu dari Anda.
vi. Anda akan tetap bertanggung jawab atas semua transaksi yang terjadi sebelum pemberhentian Akun Anda.
10.TAUTAN
"Situs Resmi" Kami tersedia di
www.klikoo.co.id Anda akan melihat bahwa URL untuk setiap halaman dari Situs Resmi Kami diawali dengan " https://". Dengan kata lain, setiap halaman dari Situs Resmi kami merupakan hypertext transfer protocol secure ("Berbasis HTTPS") atau "Identitas Terverifikasi".
HTTPS dari seluruh Situs Resmi Kami telah diaktifkan untuk mengamankan Anda dari situs-situs tiruan. Pastikan halaman situs yang Anda buka berbasis HTTPS sebelum memberikan informasi apa pun. Kami tidak akan bertanggung jawab untuk akibat apa pun yang terjadi jika Anda memberikan informasi di situs pihak ketiga.
Kami tidak menjamin keamanan, fungsionalitas atau aksesibilitas dari situs pihak ketiga, termasuk kasus-kasus di mana tautan ke situs pihak ketiga tersedia di Situs Resmi kami.
11.WAKTU LAYANANLayanan kami bergantung pada pihak ketiga seperti bank, perusahaan telekomunikasi, dan perusahaan listrik. Kami tidak dapat mengontrol kejadian yang berhubungan dengan layanan dari pihak ketiga. Oleh karena itu, Kami tidak dapat bertanggung jawab untuk menjamin keberhasilan atau kecepatan layanan pembayaran di waktu-waktu khusus sebagai berikut:
a. Waktu di luar jam operasional normal di Indonesia (Senin – Jumat, pukul 09:00 – 18:00 WIB);
b. Hari Sabtu dan Minggu yang dianggap sebagai hari libur akhir pekan di Indonesia;
c. Hari-hari yang dianggap sebagai hari libur nasional di Indonesia;
d. Hari-hari di mana kasus "Force Majeure" terjadi.
12.PERINGATANa. Kecuali untuk peran terbatas kami dalam memproses pembayaran yang Anda izinkan atau ajukan, kami tidak terlibat dalam transaksi antara Anda, Pengguna lainnya, Bank, atau Pihak Ketiga lainnya.
b. Klikoo tidak bekerjasama atau berafiliasi dengan pihak manapun selain yang kami nyatakan secara tegas pada website maupun Platform/Aplikasi Klikoo Kami.
c. Kami tidak akan bertanggung jawab jika Anda mempercayai/melakukan pembayaran atau transfer atas permintaan dari pihak lain tersebut. Jika Anda mengalami kejadian ini, MOHON AGAR MELAPORKANNYA kepada Kami melalui kontak Kami di:
i. Nomor handphone: 082125270901;
ii. Email CS : cs.klikoo@pvg.co.id ; atau
dapat dilihat di halaman kontak kami.
d. Kami tidak menjamin terkait penggunaan atau hasil dari layanan dalam hal kesesuaian, kebenaran, akurasi dan keandalan. Anda bertanggung jawab penuh atas resiko dari akses dan penggunaan layanan oleh Anda.
e. Kami tidak akan bertanggung jawab atas segala saran dan/atau informasi, baik lisan maupun tertulis, mengenai jaminan apapun yang Anda dapatkan dari pihak ketiga atau pihak selain kami.
f. Kami akan mengupayakan yang terbaik untuk tidak membagikan detil pembayaran apa pun, data registrasi atau informasi personal lainnya yang Anda berikan kepada Kami, kecuali jika diharuskan oleh regulasi dan hukum- hukum yang berlaku, atau hingga batasan tertentu kami perlu melaksanakan instruksi pembayaran yang kami terima dari Anda. Kami tidak bertanggung jawab untuk segala akibat yang terjadi jika informasi personal Anda telah secara sukarela atau secara tidak sengaja dibagikan oleh Anda ke pihak ketiga apa pun.
13.LARANGANa. Pengguna tidak akan menyadap atau mengganggu Pengguna lainnya;
b. Pengguna tidak dan tidak akan melanggar kekayaan intelektual, rahasia dagang, hak-hak kepemilikan;
c. Pengguna tidak akan memfitnah, mengancam atau melecehkan dalam berkomunikasi dengan kami atau Pengguna lainnya;
d. Pengguna akan berlaku sopan dan tidak cabul dalam berkomunikasi dengan Kami atau Pengguna lainnya;
e. Pengguna, baik secara langsung maupun tidak langsung, tidak akan melakukan tindakan apapun yang dilarang oleh hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
14. KORESPONDENSISetelah Akun Klikoo Anda aktif, dengan demikian Anda telah setuju untuk menerima komunikasi dari Kami melalui nomor handphone terdaftar terdaftar Anda mengenai layanan Kami. Anda setuju bahwa setiap komunikasi yang Anda terima dari Kami tidak akan dianggap spam (komunikasi yang tidak diminta) dan/atau pelanggaran registrasi Anda.
15. GANTI RUGIAnda setuju untuk mengganti rugi, membela dan memihak kami dan/atau pihak-pihak terkait lainnya sebagai tidak bersalah dari setiap dan semua keluhan, kerugian, kerusakan, tanggung jawab, biaya dan denda, meliputi tanpa kecuali biaya dan denda hukum, yang muncul sebagai akibat dari penggunaan atau penyalahgunaan layanan atau pelanggaran dari Syarat dan Ketentuan ini.
16.PEMBATASAN TANGGUNG JAWABa. Layanan Klikoo disediakan kepada Anda dalam kondisi "sebagaimana adanya" (as is) dan "sebagaimana tersedia" (as available). Kami tidak memberikan jaminan apa pun, baik tersurat maupun tersirat, termasuk namun tidak terbatas pada jaminan atas:
i. keandalan, keamanan, ketersediaan, akurasi, ketepatan waktu, kelengkapan, atau kesesuaian Platform/Aplikasi Klikoo untuk tujuan tertentu;
ii. kelancaran, bebas gangguan, kesalahan, bug, atau virus selama penggunaan Platform/Aplikasi;
iii. keberhasilan atau keakuratan transaksi dan data yang diproses di dalam Platform/Aplikasi;
iv. kompatibilitas Platform/Aplikasi dengan perangkat keras atau perangkat lunak milik Anda atau pihak ketiga.
b. Kami hanya bertanggung jawab atas kerugian langsung yang dapat dibuktikan secara nyata yang timbul sebagai akibat langsung dari kesalahan atau kelalaian Kami, sepanjang tidak disebabkan oleh:
i. kesalahan, kegagalan, atau kelalaian pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada Partner, penyedia produk/jasa, penyedia layanan pembayaran, atau penyelenggara sistem lainnya;
ii. kelalaian Anda sendiri, termasuk namun tidak terbatas pada kelalaian menjaga kerahasiaan akun, OTP, password, atau informasi autentikasi lainnya;
iii. gangguan pada jaringan, sistem, atau perangkat lunak yang berada di luar kendali Kami.
c. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian, baik langsung maupun tidak langsung, termasuk namun tidak terbatas pada:
i. kerugian immateriil, kehilangan keuntungan, kehilangan data, kehilangan penggunaan, atau gangguan usaha;
ii. tuntutan pihak ketiga akibat penggunaan Platform/Aplikasi yang melanggar hukum atau syarat dan ketentuan ini;
iii. kerugian yang timbul akibat Anda memberikan data atau informasi yang salah, tidak lengkap, tidak sah, atau melanggar hak pihak lain.
d. Anda memahami dan menyetujui bahwa layanan dapat terganggu, dibatasi, atau tidak tersedia karena:
i. gangguan pada jaringan internet, sistem pihak ketiga, atau perangkat Anda;
ii. pemeliharaan sistem, pembaruan perangkat lunak, atau gangguan teknis lainnya;
iii. alasan keamanan atau kebijakan hukum dan peraturan yang berlaku.
e. Anda bertanggung jawab sepenuhnya untuk menjaga kerahasiaan akun, termasuk sandi, kode OTP, dan data autentikasi lainnya. Setiap kerugian yang timbul akibat akses tidak sah karena kelalaian Anda bukan menjadi tanggung jawab Kami. Dengan ini, Anda melepaskan hak untuk mengajukan tuntutan terhadap Kami, direksi, komisaris, pegawai, agen, dan afiliasi Kami atas hal tersebut.
f. Kami berhak menonaktifkan, membatasi, menangguhkan, atau menutup akun Anda apabila:
i. terdapat indikasi penggunaan yang melanggar hukum, termasuk namun tidak terbatas pada penipuan, pencucian uang, atau pendanaan terorisme;
ii. terdapat permintaan resmi dari instansi berwenang (Polri, Kejaksaan, PPATK, DJP, Pengadilan, dan sebagainya);
iii. Anda memberikan informasi atau dokumen yang tidak lengkap, palsu, atau menyesatkan.
g. Anda menyetujui bahwa data pribadi Anda dapat digunakan, disimpan, diungkapkan, dan/atau dialihkan oleh Kami kepada Partner sepanjang diperlukan untuk penyediaan layanan dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, termasuk UU No. 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi.
h. Anda setuju untuk mengganti setiap kerugian, biaya, dan pengeluaran yang Kami alami, termasuk biaya penanganan hukum, akibat:
i. tuntutan atau klaim dari pihak ketiga atas pelanggaran yang Anda lakukan terhadap ketentuan ini;
ii. pelanggaran hukum atau hak pihak lain akibat penggunaan Platform/Aplikasi oleh Anda;
iii. pengajuan klaim terhadap ketentuan pembatasan tanggung jawab ini, kecuali ditentukan lain oleh pengadilan yang berwenang.
17.PERATURAN HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN SENGKETAKami memilih untuk menyelesaikan sengketa atau klaim yang muncul dari atau berkaitan dengan Syarat dan Ketentuan ini melalui forum pengadilan yang berwenang sesuai dengan hukum dan peraturan perundang- undangan yang berlaku. Setiap sengketa atau klaim akan diselesaikan secara individual dan tidak akan digabungkan dengan pengadilan sengketa atau keluhan dari pihak lainnya.Baik Anda maupun Kami berhak mencari bantuan awal atau sementara dari lembaga hukum yang kompeten di Indonesia, yang diperlukan untuk melindungi hak atau kekayaan dari Anda atau Kami, selama menunggu penyelesaian pengadilan. Semua proses pengadilan akan dilaksanakan dalam Bahasa Indonesia.Syarat dan Ketentuan ini akan diatur sesuai dengan hukum dan undang- undang di Indonesia. Sesuai dengan prosedur pengadilan, Kami dan Anda menyetujui dan menerima bahwa setiap sengketa atau klaim yang muncul dari atau berkaitan dengan Syarat dan Ketentuan ini akan diadili secara khusus hanya di bawah lembaga pengadilan yang wilayah hukumnya di Indonesia.
18. HAK KEKAYAAN INTELEKTUALAnda mengakui dan menyetujui bahwa layanan dan perangkat lunak apa pun yang dibutuhkan untuk terhubung dengan layanan Kami ("Perangkat Lunak) berisi hak milik dan informasi rahasia yang dilindungi oleh kekayaan intelektual dan hukum-hukum lainya yang berlaku. Anda menyetujui untuk tidak memodifikasi, menyewakan, meminjamkan, menjual, mendistribusikan atau menciptakan pekerjaan-pekerjaan turunan dengan layanan dari Perangkat Lunak Kami, secara utuh maupun secara sebagian. Setiap Penggunaan komersial tanpa izin dari Layanan Kami atau penjualan kembali dari Layanan Kami atau penyalinan atau reproduksi dari Perangkat Lunak Kami ke server atau lokasi lainnya untuk reproduksi dan distribusi kembali dilarang keras dan dapat mengakibatkan hukuman pidana dan perdata.
Anda mengakui dan berjanji bahwa Anda tidak akan (Anda juga tidak akan mengizinkan pihak ketiga untuk) menyalin, memodifikasi, mengumpulkan, menerjemahkan, menciptakan pekerjaan-pekerjaan turunan, merekayasa balik, merekayasa kembali Perangkat Lunak atau mencoba untuk menggali sumber kode program, meliputi tanpa kecuali tujuan untuk mendapatkan akses tanpa izin ke layanan Kami.
19.TIADA PENGABAIAN Kegagalan, Keterlambatan atau Kelalaian Kami untuk menerapkan atau melaksanakan hak atau ketentuan dari Syarat dan Ketentuan ini bukan berarti pengabaian dari hak atau ketentuan tersebut. Pengabaian hak atau ketentuan apa pun pada kesempatan apa pun tidak dapat diartikan sebagai pengabaian hak atau ketentuan tersebut di masa depan.
Anda menyetujui bahwa terlepas dari hukum atau undang-undang yang berlaku, setiap sengketa atau klaim yang muncul dari atau berkaitan dengan penggunaan layanan Kami atau Syarat dan Ketentuan ini harus diajukan dalam 3 (tiga) bulan sejak sengketa atau klaim tersebut muncul atau dianggap tidak sah.
20.PERUBAHAN SYARAT DAN KETENTUANSyarat dan Ketentuan ini mungkin dimodifikasi setiap waktu dan dari waktu ke waktu, dihentikan secara sementara atau permanen ('Direvisi') oleh Kami.
Kecuali ditetapkan oleh Kami, Anda setuju untuk mengikatkan diri Anda bahwa Syarat dan Ketentuan yang telah direvisi akan berlaku secara otomatis dan mulai mengikat bagi Anda sejak hari publikasinya di Situs Resmi Kami. Dengan melanjutkan akses terhadap layanan Kami, Anda dianggap telah setuju untuk menerima dan terikat oleh Syarat dan Ketentuan yang telah Direvisi tersebut. Jika Anda tidak setuju terhadap Syarat dan Ketentuan yang Telah Direvisi tersebut, Anda harus segera berhenti mengakses atau menggunakan layanan Kami. Pengguna dan/atau Partner telah membaca dan mengerti seluruh Syarat dan Ketentuan ini dan konsekuensinya dan dengan ini menerima setiap hak, kewajiban, dan ketentuan yang diatur di dalamnya.